Cek Perlengkapan Dalam Rangka Pam Unjuk Rasa, Danyon A Pelopor Perintahkan Humanis

  • Share

BN Online, Makassar–Anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel kembali melaksanakan pengamanan terhadap aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa dan para buruh di beberapa titik di Kota Makassar, Selasa 20 Oktober 2020. Sebelum menjalankan tugas pengamanan, terlebih dahulu menggelar apel pengecekan personel dan peralatan di mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar.
Apel siaga sekaligus pengecekan kelengkapan dan peralatan ini berkaitan dengan pengamanan unjuk rasa terkait penolakan Undang Undang Cipta Kerja omnibus law sekaligus memperingati satu tahun pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi – Ma’Ruf. Dalam apel tersebut, personel yang akan melaksanakan pengamanan mendapatkan arahan langsung dari Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto.
Dalam arahannya, Danyon A Pelopor AKBP Darminto menegaskan kepada seluruh personil untuk melakukan pengamanan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) dan mengutamakan tindakan persuasif dan humanis.
“Lakukan pengamanan dengan cara humanis, tidak ada yang membawa dan menggunakan senjata tajam maupun senjata api, kita layani dan arahkan rekan serikat buruh pekerja maupun mahasiswa yang akan menyampaikan pendapat di muka umum agar dapat berjalan dengan tertib dan kondusif,” ujar AKBP Darminto.
Selain mengecek kesiapan personel, perwira berpangkat melati dua itu juga mengecek alat pemadam api ringan ( APAR ) yang telah dibagikan sebelumnya.
“Senagaja kami bagikan Alat Pemadam ini mengingat aksi yang lalu banyak terjadi pembakaran, itu sebagai langkah awal untuk mencegah api menjadi semakin membesar. ” ujar Darminto
“Selain itu kami juga menurunkan anggota yang menggunakan APD yang dilengkapi alat penyemprot disinfektan yang dapat digunakan untuk menyemprot area sebelum digunakan para peserta aksi, hal ini untuk mencegah penyebaran covid-19, ini juga merupakan wujud bhakti brimob untuk masyarakat.” tutur Darminto.
Secara terpisah Komandan Satuan Brimob Polda sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis mengatakan selama jalannya aksi Unjuk Rasa kami laksanakan pengamanan dan pemantauan.
“Demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif, kami akan terus mengamankan jalannya aksi demonstrasi dengan persuasif dan humanis,”
”Kami juga menyiapkan anggota yang membawa Alat Pemadam Api Ringan yang mudah dibawa kemana mana serta tim khusus berseragam APD dan membawa cairan disinfektan, ini untuk mengantisipasi meluasnya covid-19 pada saat aksi berlangsung” ujar Anis
Dansat Brimob juga menghimbau kepada massa aksi agar bisa menjalankan sesuai dengan apa yang harus dilakukan, jangan sampai keluar diluar prosedur.
“Kalau ingin menyampaikan aspirasi silahkan saja sampaikan, akan kita kawal. Tapi jangan mengganggu ketertiban masyarakat apalagi merusak fasilitas,” pungkas Anis.(Mk)
 
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.