Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Kab. Pinrang Tahun Anggaran 2020, di Aula Kantor Kec. Mattiro Sompe

  • Share

BN Online, Pinrang–Di Aula Kantor Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang telah di laksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik kepada Masyarakat Pinrang Tahun anggaran 2020 berdasarkan Surat Bupati Pinrang Nomor : 200/2517/XI/Kesbang/2020 tanggal 24 November 2020.
Di hadiri oleh Drs. Abdul Rahaman Usman. M.Si Kaban Kesbangpol Kabupaten Pinrang, Hastan Mattanete Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Andi Ramlan. S.Sos PJS Camat Mattiro Sompe, Para Kepala Desa, Lurah se Kecamatan Mattiro Sompe, Tokoh Masyarakat , dan Tokoh Agama.
Dengan susunan acara, Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa, Laporan Penitia Pelaksana, Pemaparan materi oleh Anggota DPRD Pinrang dan Kabin Kesbangpol tentang Wawasan Kebangsaan, Sesi tanya Jawab, Istrihat, dan selasai, pada Rabu (02/12-2020).
Kabin Kesbangpol Drs
Abdul Rahmsn Usman. M.Si, menyampaikan, dimana maksud kegiatan tersebut, memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam berpartifasi politik semakin kedepan, melalui pendidikan politik individu bagaimana menghimpun info dari media massa, medsos positif, proses pembelajaran, pemahaman mengenai hak kewajiban dan tanggung jawab tiap negara.
“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sedangkan tujuan pelaksnaan agar kiranya pendidikan politik nilai ideal yg ada sistem politik agar tahu dan paham akan politik menjadi warga negara dengan kesadaran politik yang tinggi dan mengunakan hak pilihnya secara cerdas untuk memilih calon yang penuh visi dan misi dalam peningkatan kesajahteraan masyarakat serta gerakan revolusi mental bagi masyarakat untuk menjaga tegaknya ediologi pancasila serta persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Lanjutnya, berawal dari Pemerintah dalam hal ini Presiden , yang di tuangkan kebijakan umum anggaran yang terbatas , yang ingin kita capai pendidikan politik minimal bisa merubah menset generasi.
Selain itu, mengedepankan visi misi yang akan kita coblos , menset berpikirnya tidak lagi bercerita berapa yang engkau berikan kepada saya pada saat saya coblos engkau, yang ingin di capai kesbangpol adalah bagaimana autkam dari pendiidikan agar mewujutkan kesadaran berpolitik kita,” terangnya.
Ditempat yang sama, Hastan Mattanete Anggota DPRD Kabupaten Pinrang mengatakan, kami sebagai perwakilan masyarakat untuk menghadapi situasi saat ini, hal-hal ini yang harus di galakkan kepada masyarakat, pelaksanaan pemilu, paktor pendukung pendidikan politik ,
“Dan tujuannya, untuk memperluas pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah-masalah politik yang berkembang, mampu meningkatkan kwalitas diri dalam politik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” paparnya.

Sambungnya, Hastan menjelaskan, dapat meningkatkan kwalitas kesadaran politik Rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik secara keseluruhan.
“Dengan pendidikan politik nantinya akan terbentuk kader-kader politik yang berkeperibadian dan berkesadaran yang tinggi sebagai warga Negara yang baik juga dapat menjadi agen-agen sosialisasi politik dalam upaya mewujudkan masyarakat yang demokrasi , cerdas dan bermartabat, dan kegiatan ini berjalan aman dan lancar sampai dengan pukul 11.30 Wita,” imbuhnya.
Pendapat pelapor, sosialisasi politik merupakan suatu pewarisan pengetahun nilai-nilai, dan pandangan-pandangan politik dari orang tua, Guru dan sarana sosialisasi lainnya kepada warga Negara.
Agar melalui pendidikan politik individu bagaimana menghimpun info dari media massa dan medsos positif dan proses pembelajaran dan pemahaman mengenai hak kewajiban dan tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(Emil)
 
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.