Dibuka Wabup, BBPOM Bahas Ketahanan Pangan Nasional di Youtefa Barru

  • Share

BN Online, Barru-— Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menggelar pertemuan lintas sektoral terkait Intervensi Pangan Terpadu, Program Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah dan Pasar Pangan  Berbasis Komunitas di Hotel Youtefa ,Selasa (6/4/2021)
Wakil Bupati Barru Aska Mappe yang hadir mengatakan turut berterima kasih dan mengapresiasi Balai POM yang melaksanakan kegiatan tersebut di Barru
Aska Mappe juga menjelaskan Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan hak asasi yang dijamin UUD 45 dalam menjaga komponen dasar untuk mewujudkan manusia yang berkualitas.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Balai BBPOM yang telah menyelenggarakan ini, Semoga kegiatan dengan beberapan pokok materi Intervensi Pangan Terpadu, Program Desa Pangan Aman danPangan Jajanan Anak Usia Sekolah dan Pasar Pangan serta bahan makanan berbahaya, dapat berjalan baik,”ujar Aska mantan Wakapolres Polres Polman.
Program ini, kata dia merupakan prioritas nasional yang bertujuan meningkatkan komitmen lintas sektor dan pemerintah dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman dan juga dapat memperkuat ekonomi sehingga Pemerintah Kabupaten Barru sendiri telah mendukung program pasar aman berbasis komunitas.
” Saya berharap agar OPD terkait terus memberikan pendampingan BB POM agar program keamanan pangan berbasis komunitas dapat berjalan dengan efektif,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala balai BBPOM dra. Hardaningsih, Apt, MHSN mengatakan tujuan kegiatan ini diantaranya, Mensosialisasikan desa pangan aman, pangan jajanan anak usia sekolah, pasar panganan berbasis komunitas kepada pemangku kepentingan di daerah dan lintas sektor yang terkait.
“Juga untuk meningkatkan koordinasi secara strategis dan kontinu antar instansi dan pelaksanaan seluruh program kegiatan aman pangan,” ujarnya.
Selanjutnya, memetakan program OPD terkait yang dapat di sinergikan dengan seluruh program kegiatan keamanan pangan dan dapat dijadikan sebagai program yang terintegrasi, kemudian mengkoordinasikan penetapan lokus intervensi, serta menggalang komitmen lintas sektor dalam implementasi dan keberlangsungan seluruh program kegiatan keamanan pangan.
” Kegiatan pangan aman, pasar pangananaman berbasis komunitas dan panganan anak usia sekolah tahun 2021 diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan, sekaligus memperkuat ekonomi desa sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk peningkatan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit tidak menular dan peningkatan efektivitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan dan mutu pangan yang beredar,” ujarnya.
Turut hadir dalam kegiatan itu Kadis Pendidikan Kab. Barru, Kadis Kesehatan dan para peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, Kepala Desa yang ada di Kab. Barru dan seluruh instansi yang terkait.
Dalam Kegiatan Pertemuan Lintas Sektor ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan program keamanan pangan berkelanjutan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barru disaksikan Wakil Bupati Barru dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait dengab Kepala BBPOM Makassar(Dmn/M.Kadri)
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.