Panglima TNI Mengumumkan, Seluruh Awak Nanggala-402 Dinyatakan Gugur

  • Share

BN Online, Bali--Minggu, 25 April 2021. Konferensi pers kembali digelar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Itu berdasarkan update pencarian KRI Nanggala-402.
Dengan berat, Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur. Itu berdasarkan hasil penyelaman di dasar laut
“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021). Dikutip Bukamata.
Menurut Panglima, Satgas SAR, telah mengerahkan segala kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala-402. KRI Rigel juga telah melakukan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air
Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11,” beber Marsekal Hadi.
KRI Nanggala-402, diperkirakan berada di kedalaman 800 meter. Arus di perairan itu sangat deras.
KSAL, Laksamana Yudo Margono saat memperlihatkan barang-barang yang diduga bagian kapal selam Nanggala-402 mengatakan, benda-benda tersebut, tidak mungkin bisa keluar jika tidak ada keretakan dari kapal, akibat arus bawah laut yang sangat kencang.
 
 
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.