LSM GMBI dan Vertical Rescue Indonesia (VRI) Lakukan Kesadaran Bencana & Penyelamatan

  • Share

SUARA GMBI | BANDUNG – Menjulang tinggi dihalaman Padepokan Al Fauzan tegak berdiri panjat tebing (Rock Climbing) setinggi 30 meter , tersirat ada misi kemanusiaan yang muncul dibenak sang Pendiri dan sekaligus Ketua Umum LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) H.M. Mohamad Fauzan Rachman, S.E,. Keberadaan Panjat Tebing tersebut menjadi tonggak sejarah bagi LSM GMBI dalam melakukan misi kemanusian dan penyelamatan.

Salah satunya melakukan kerja sama dengan Vertical Rescue Indonesia (VRI), Kolaborasi VRI dan LSM GMBI menjadi sebuah bukti keseriusan sang pendiri LSM GMBI dalam misi kemanusiaan dan penyelamatan.

Hadirnya Ketua Umum sekaligus pendiri VRI Tedi Ixdiana di kediaman Ketua Umum LSM GMBI menjadi bukti kerjasama untuk memulai Gerakan kesadaran Bencanaan. (25/01/2022).

Vertical Rescue merupakan suatu keahlian khusus yang dimiliki penyelamat (Rescuer) dalam proses Evakuasi di medan terjal dengan tujuan memindahkan objek/korban di medan Vertikal ke tempat yang lebih aman.

Kecabangan Panjat Tebing ini biasa dilakukan pada operasi Bencana Alam ataupun musibah/ kecelakaan.

Teknik Vertical Rescue biasa digunakan para Rescuer dalam menyelamatkan korban pada medan yang sulit, khususnya di lokasi terjal.

 

Tujuan Ketua LSM GMBI bekerjasama dengan Ketua Umum VRI adalah untuk kemanusiaan, agar para Rescuer yang memiliki keahlian Vertical Rescue dapat terlibat saat terjadi kebencanaan dan melakukan penyelamatan korban dalam kondisi sulit atau medan terjal.

Adapun kerjasama untuk memulai Gerakan kesadaran Bencanaan dengan program sebagai berikut :

1. PEMULIHAN

1 Time , 1 day, 1 house.

(Insfrastruktur, Fasum)

2. PENCEGAHAN

– Mitigasi / Buffer Zone

– Selamatkan Kampung

– Tab Hijau (Inovasi Teknologi TEPAT GUNA)

3. TANGGAP DARURAT

Kolaborasi antara LSM GMBI & Tim VRI untuk membentuk Tim Sar & Tagana (10-25 org)

4. KESIAPSIAGAAN

– Edukasi kebencanaan Lokal / Regional

– Data Base Desa

– Data Base Rawan Bencana

– Akses Data Kebencanaan Tingkat Desa/Kecamatan/Kabupaten

dan siap melakukan kerjasama kemitraan pendidikan mitigasi dan Tanggap Bencana Bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI) dan Ketua Umum menyatakan Sebagai murid pertama Diklat Vertical Rescue dari LSM GMBI bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.