Perebutan 36 Kursi Direksi dan Dewan Pengawas BUMD Pemkot Makassar Semakin Sengit, Kini Sudah Masuk Tahap Seleksi Berkas

  • Share
Caption: Gambar ilustrasi perebutan kursi jabatan Direksi dan Dewan Pengawas BUMD Pemkot Makassar.//*

SUARAGMBI.CO.ID | MAKASSAR – Seleksi terbuka lelang jabatan Direksi dan Dewan Pengawas (Dewas) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar kini memasuki tahap seleksi berkas. Panitia Seleksi (Pansel) telah mengantongi 120 berkas pelamar yang akan bersaing memperebutkan jabatan di enam BUMD.

Sekretaris Panitia Seleksi BUMD Nur Kamarul Zaman membeberkan, Perumda Air Minum (PDAM) menjadi favorit. Setidaknya, tercatat ada 37 pelamar yang akan berebut posisi di BUMD tersebut.

“PDAM ada 37 pendaftar. Pendaftar direksi 16 orang, dewan pengawas 21 orang,” ungkap Kamarul.

Kemudian pelamar di PD Pasar Makassar Raya ada 28 pelamar yang terdiri atas 13 calon direksi dan 15 dewas. Lalu di PD Parkir Makassar Raya, ada 25 pelamar yang terdiri atas 14 direksi dan 11 dewas.

Di tubuh PD Rumah Potong Hewan (RPH), sebanyak 14 pelamar menyetorkan berkas dengan rincian 8 direksi dan 6 dewas. PD Terminal Makassar Metro 11 pelamar dengan 6 calon direksi dan 5 dewas, serta PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebanyak 5 pelamar, masing-masing 1 direksi dan 4 dewas.

Perebutan kursi pejabat BUMD ini diramaikan oleh nama-nama mantan tim sukses Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi (Adama), pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) lalu.

Mereka di antaranya mantan Juru Bicara Adama, Alo Natsar dan Indira Mulyasari. Begitu pula Beni Iskandar, Penjabat (Pj) Direksi PDAM saat ini, yang juga merupakan mantan Ketua Tim Hukum Aku DP.

Kemudian ada nama Syafrullah dan Ahmad Susanto yang merupakan jajaran Pj Direksi PD Rumah Potong Hewan (RPH), yang juga diketahui turut menjadi salah satu timses kala itu.

Pengamat Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar, Luhur Priyanto, menilai hadirnya deretan loyalis kepala daerah membuat seleksi menjadi sulit menerapkan merit sistem.

Ditambah lagi, salah satu tim seleksi (Timsel) lelang, yakni Mustaqim Musma, diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Nasdem Sulsel Bidang Media. Hal itu dianggap bisa membuka peluang kepala daerah melakukan politik balas budi.

“Kalaupun ada kepala daerah yang menjanjikan profesionalisme penuh, hal itu tidak usah kita percaya. Jabatan-jabatan di BUMD, dalam tanda kutip, adalah penampungan bagi sebagian tim sukses, itu faktanya,” tegas Luhur.

Dalam visi misi Danny-Fatma dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Makassar tahun 2021-2026, lanjut Luhur, ada program penataan total BUMD dan Pembentukan Makassar Incorporation. Dia berharap, program ini tidak dilupakan, dan tidak berhenti pada perombakan direksi dan dewas saja.

“Bagi publik Kota Makassar, sepanjang sesuai regulasi, yah silakan saja. Yang penting adalah dampak kinerja dari yang dihasilkan lelang jabatan itu. Tentu saja pada perbaikan layanan pada masyarakat dan peningkatan deviden bagi keuangan pemerintah kota,” tandasnya.

Selain deretan mantan tim sukses Adama, sejumlah Pj direksi dan dewan pengawas lainnya yang saat ini menjabat diketahui berbondong-bondong mendaftar. Di antaranya Pj Dewas PDAM, Prof. Aminuddin Ilmar, jajaran Pj Direksi PDAM Beni Iskandar, Arifuddin Amarung, dan Asdar Ali.

Kemudian jajaran Pj Direksi PD Pasar, Thamrin dan Syamsul Bahri. Pj Direksi PD Terminal Rizal Asjahad Rahman, Pj Direksi BPR Qurani, dan jajaran direksk Pj RPH, Syafrullah dan Ahmad Susanto.

Selain itu, sejumlah sosok yang pernah menjabat direksi juga turut meramaikan bursa pendaftaran. Salah satunya, Irhamsyah Gaffar yang sempat menduduki jabatan Direktur Utama PD Parkir.

Ketua Panitia Seleksi Direksi dan Dewas BUMD Makassar, Andi Siswanta Attas mengatakan, total formasi yang dibutuhkan yakni 36 posisi. Sebanyak 18 posisi Direksi dan 18 untuk posisi Dewan Pengawas.

Rinciannya, Perumda Parkir Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya, PD Rumah Potong Hewan (RPH), dan PD Terminal Makassar Metro masing-masing 3 Direksi dan 3 Dewan Pengawas.

“Sementara Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 2 Direksi dan 2 Dewan Pengawas, PDAM 4 Direksi dan 4 Dewan Pengawas,” ungkapnya.

Diketahui, tahapan seleksi lelang Direksi dan Dewas BUMD dimulai pada 19-23 Mei 2022 Kemudian dilanjutkan Seleksi Administrasi pada 24-25 Mei 2022, Pengumuman Seleksi Administrasi 25 Mei 2022, dan Uji kelayakan dan kepatutan (UKK), akan dilaksanakan pada 26-29 Mei 2022.

Setelah itu, tahapan dilanjutkan pada Pengumuman Hasil UKK, 30 Mei 2022, Wawancara Akhir akan berlangsung pada 31 Mei – 3 Juni 2022 dan Hasil Seleksi Akhir akan diumumkan pada 4 Juni 2022.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.