Antisipasi Banjir, LSM GMBI Maros Bersama Kodim 1422 dan Koramil Maros Baru Lakukan Bakti Sosial

  • Share

SUARA GMBI | MAROS – Kerja Bakti bersama Membersihkan Kanal yg dapat Memperlancar aliran air , GMBI peduli dalam mengantisipasi dan Meminimalisir Bencana Banjir saat musim hujan yang akan datang.

Ditemui oleh Awak Media Ketua KSM Maros Baru Asdar menyampaikan “Kanal Kota Maros ini difungsikan juga sebagai Saluran Sekunder kebetulan dalam giat ini berada di wilayah kerja kami di KSM Maros baru.” Bebernya

Kegiatan Kerja bakti bersama tersebut dilaksanakan besama oleh Kodim dan Koramil serta pihak forkopincam di Kec.Maros Baru Kab.Maros yang mana Aliran Air di Kanal itu juga dekat kisaran -+ Radius 50 – 100 Meter, dengan Kantor Kelurahan, Mako Kodim 1422, SMK dan Rumah Masyarakat yang nantinya akan berdampak banjir jika ada luapan air dari Kanal tersebut.

“Kami pun memberikan Masukan agar menurunkan alat berat sesuai Kapasitas , Agar dapat di keruk kedalaman untuk mengantisipasi Volume Air yg cukup besar jika Musim hujan melalui Kanal ini , GMBI peduli akan lingkungan hidup dalam antisipasi Bencana Banjir.” Ucap Asdar.

Turut pula hadir para Pengurus P3A (Perkumpulan Petani Pemakai air ) yang mana air yg mengalir diKanal juga difungsikan sebagai Saluran Sekunder melalui beberapa Kecamatan seperti , Kec.Bantimurung ,Kec.Turikale, Kec. LAU serta Kec.Maros baru dan dipergunakan untuk mengaliri Sawah2 para petani di daerah tersebut.

Ditempat terpisah Ketua Lsm GMBI Distrik Maros , Muh. Jufrri, SE, Berharap agar Masyarakat yang bermukim di dekat Kanal tidak membuang sampah sembarangan di kanal tersebut , supaya Aliran Air dapat mengalir lancar dan bisa dihindari meluapnya air diKanal sehingga tidak terjadi banjir.

Jufri juga menambahkan bahwa terjadinya banjir kadang kala disebabkan salah satu peyumbatan dari sampah yang dibuang sembarangan di Kanal, jelas ini sangat repot dan merugikan kita semua juga Karena dapat mengakibatkan Korban jiwa dan Materi. “Lebih baik mengantisipasi sebelumnya daripada kita bekerja keras menangani saat terjadi hal yang tidak diinginkan bersama terutama bencana banjir.” Tutupnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.