Jalin Silahturahmi, LSM GMBI Dan Pandgam XIV/Hasanuddin Ciptakan Masyarakat Aman Dan Nyaman

  • Share

SUARA GMBI | MAKASSAR –  Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H, M.H., melakukan silahturahmi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Baruga Hasanuddin Rujab Pangdam Jl. Sungai Tangka, Kota Makassar, Senin (20/06/2022).

Dalam pertemuan tersebut Mayjen TNI Andi Muhammad menyampaikan semua pihak elemen bangsa harus sadar diri dalam menjaga Kedaulatan NKRI. Termasuk peran serta LSM GMBI dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing.

“Saya berharap semua jajaran saya yang ada di bawah naungan Kodam XIV/Hasanuddin dapat bekerja sama dengan semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, utamanya Ormas seperti LSM GMBI yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah.” Ujarnya.

Pangdam juga mengatakan, Silahturahmi ini tentunya sangat bagus karena pastinya LSM GMBI memiliki Visi Dan Misi jangka panjang yang besar. Perlu ada jenjang komunikasi yang baik untuk mengantisipasi segala kemungkinan bentuk ancaman yang ada.

“Kita ini adalah bangsa yang besar, meliputi sumber daya manusia dan sumber daya alam besar tentunya permasalahan juga besar. Jangan karena hanya beda pendapat beda pilihan menjadi sumber perpecahan, Olehnya itu persolaan seperti ini bisa terselesaikan dengan menjaga silahturahmi dan komunikasi yang lebih baik seperti kita di Sulawesi yaitu Budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi.” Ucapnya.

Tah hanya itu, Pangdam juga mengutarakan pentingnya mengingat sejarah, “karena cerminan suatu bangsa yang besar tak akan melupakan sejarah.” Pungkasnya.

LSM GMBI Merespon

Sebagai sosial kontrol LSM GMBI yang kerap mengatakan dirinya berasal dari masyarakat bawah dan untuk masyarakat. Menyambut baik bentuk perhatian Panglima Kodam Hasanuddin terhadap permasalahan yang ada.

Drs. Sadikin selaku Ketua LSM GMBI Sulsel menuturkan jika pemerintah khususnya TNI membutuhkan kesiapan GMBI untuk membantu dalam menyelesaikan suatu masalah pihaknya selalu siap.

“Kami di GMBI senantiasa membuka diri bagi siapa saja yang membutuhkan, Terkhusus bagi pemerintah untuk membantu dan mensukseskan program-program yang pro terhadap masyarakat,” Tuturnya.

Sadikin menambahkan jika pihak Pemerintah dalam hal ini TNI sebagai garda terdepan untuk menjaga kedaulatan NKRI dari berbagai ancaman, Maka pihaknya selalu akan berupaya menciptakan sinergitas dalam menjaga berbagai ancaman yang ada.

“Sebagai LSM yang mendapatkan plat bela negara, tentunya kami di GMBI sejalan dengan TNI untuk tetap setia bela pancasila dalam menjaga keutuhan NKRI harga mati. Seperti apa yang telah di sampaikan oleh Pangdam bahwa senantiasa GMBI harus jalin komunikasi yang intensif mulai dari tingkat jajaran Kodam, Kodim, Korem, Koramil Hingga tingkat Babinsa untuk senantiasa menjaga kamtibnas, itulah tanggungjawab kami selaku LSM,” Pungkas Sadikin.

Senada Dengan Ketua GMBI Wilter Sulsel, Ketua Distrik Makassar juga menyampaikan bahwa siap menerima arahan dan petunjuk untuk membantu menjaga dan mensukseskan kinerja-kinerja TNI dalam menciptakan masyarakat yang aman dan nyaman.

“Suatu kehormatan karena kami di GMBI menjadi salah satu yang dipercayakan untuk membantu kinerja TNI dalam menciptakan situasi yang aman dan nyaman. Panglimata adalah panglima kita semua, Kami di GMBI yang mengimplementasikan sebagai rakyat yang penuh taat dan patuh terhadap pemerintah, Slogan kami sama yaitu NKRI Harga GMBI sampai mati,” Ucapnya.

Walinono juga mengatakan bagaimana Sulawesi Selatan tetap dalam koridor menjaga NKRI harga mati, Bahwa LSM GMBI adalah sebuah ideologis pancasila dengan UUD 1945, yah GMBI tetap berkewajiban dan sekiranya antara TNI dan GMBI adalah kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.

“Sesuai arahan dari Pangdam XIV/Hasanuddin bahwa LSM GMBI akan bersinergi bukan hanya pada tatanan Kodam tapi sampai pada tingkat Kodim hingga babinsa untuk mewujudkan ketenteraman di Sulawesi Selatan,” Pungkas Ketua Makassar yang kerap disapa sang inisiator.

Ia juga menyampaikan bahwa Pangdam XIV/Hasanuddin adalah panglima yang sangat merakyat yang senantiasa memperlihatkan bagaimana menjaga silahturahmi serta keutuhan NKRI khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam pertemuan silahturahmi tersebut ialah Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel, Ketua GMBI Distrik Makassar, Ketua GMBI Distrik Maros, Ketua GMBI Distrik Takalar, Sekdis Dan Humas Distrik Gowa, Ketua Distrik Pangkep, Ketua Distrik Sidrap, Ketua Distrik Bone, Humas Distrik Palopo, Forkowa GMBI Sulsel, Serta Perwakilan Kepala Divisi masing-masing tiap Distrik. Acara tersebut ditutup dengan penyerangan simbolik dan foto bersama.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.