Pemkot Makassar Bentangkan Bendera Merah Putih 5.005 Meter di Losari

  • Share

SUARA GMBI | MAKASSAR – Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tingkat Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berlangsung di anjungan Pantai Losari, Rabu (17/08/2022). Bendera merah putih sepanjang 5.005 meter dibentangkan sebagai bentuk kemeriahan.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, menjadi inspektur upacara. Turut hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Pemkot Makassar.

Danny menyampaikan pembentangan bendera merah putih melibatkan 1.000 orang yang berasal dari beberapa perangkat daerah Pemkot Makassar. Dibentangkan di area pelataran Bugis-Makassar anjungan Pantai Losari.

“Makassar punya tradisi perayaan khas dan selalu baru dan orisinal sehingga kita bisa lihat ini ide murni yang kemudian kita menyelimuti pelataran Bugis Makassar,” kata Danny.

Adapun makna dari pembentangan bendera itu, ungkap Danny, merupakan bagian dari semangat persatuan. Hal itu bisa dilihat dari kerja sama dalam membentangkan bendera.

“Dan kalau kita lihat seperti ombak tantangan ke depan tidak ringan, tapi semangat yang kuat. Solidaritas yang kuat kita bisa mengarungi tantangan masa depan seperti ombak merah putih yang kita baru lihat tadi,” bebernya.

Makna lainnya adalah menegaskan bahwa Makassar siap menghadapi tantangan yang ada. “Presiden (Joko Widodo) mengatakan kegelapan ada di depan dunia. Tapi, insyaallah terangnya lampunya itu ada dari Indonesia dan dari Makassar,” ujarnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *