LSM GMBI Sultra Lakukan Kunjungan Silaturahmi Ke DPRD Kab Sumedang Untuk Jalin Sinergitas Antara DPRD Dan GMBI

  • Share

SUARA GMBI|Sumedang – Sejumlah aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Wilayah Teritorial (Wilter) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan kunjungan silaturahmi ke kantor DPRD Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Jum’at (02/09/22).

Kegiatan Kunjungan Silaturahmi LSM GMBI di kantor DPRD Kabupaten Sumedang, dan dipimpin langsung oleh Ketua LSM GMBI Sultra dan beberapa anggota aktivis LSM GMBI dari Sultra itu dalam rangka menjalin hubungan sinergitas diseluruh Indonesia khususnya di provinsi Jawa barat.

Dengan adanya kegiatan tersebut Ketua LSM GMBI Wilter Sultra Muh Ansar S mengatakan, bahwa keterkaitan dengan adanya kunjungan LSM GMBI Wilter Sulawesi Tenggara di kabupaten Sumedang itu dengan program kegiatan yang bernama “GMBI Peduli” serta transformasi era forvaizero terkait program keilmuan LSM GMBI untuk Diklat serta menambah wawasan dan menambah keilmuan untuk dapat kami bawa sebagai bekal untuk Wilter Sulawesi Tenggara.

Lanjut Ansar, Harapannya kami pihak pemerintah khususnya pemerintah pusat terkait keberadaan LSM GMBI perlu kita pahami bahwasanya keberadaan LSM GMBI disetiap daerah itu membawa dampak positif terkait fungsi kerja sebagai sosial kontrol dan monitoring, adapun dukungan serta ucapan dari Anggota DPRD Kabupaten Sumedang tiada lain itu adalah bagian dari support dalam bentuk menggali serta memperbaiki keilmuan dan pemahaman dalam berorganisasi kedepannya, tuturnya.

Lanjut Anggota Dewan Praktis PKB Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang Agung Gundara menambahkan, tentunya saya sangat mengapresiasi sekali bahwa saya juga adalah salah satu kader LSM GMBI di Distrik Kabupaten Sumedang Wilter Jawa barat yang menjabat sebagai sekretaris distrik kabupaten Sumedang dan kebetulan beberapa hari yang lalu sampai saat ini bahwa kebetulan kami kedatangan tamu dari provinsi Sulawesi Tenggara dan kami sangat mengapresiasi sekali bahwa kedatangan beliau-beliau ke Sumedang untuk studi banding bahwa bagaimana tata kelola atau tata cara dalam berorganisasi untuk lebih baik lagi kedepannya.

Semoga kedepannya di Sulawesi Tenggara juga akan menciptakan kader-kader yang memang mungkin masuk di urat nadi pemerintahan. dalam hal ini bisa masuk dalam kontestasi politik yang masuk didalam wilayah politik di DPRD baik di provinsi maupun di kabupaten kota, tuturnya.

Nah kami juga belajar daripada keorganisasian di LSM GMBI yang tentunya bagaimana bahwa setiap kegiatan atau pergerakan di dalam organisasi ini harus bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan kemudian juga selain daripada itu didalam organisasi ini kita juga harus bersinergi dengan semua pihak baik secara eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Ini juga tentunya kita sebagai aktivis sebagai kader daripada LSM GMBI harus betul-betul dalam tata penata kelolaannya ini harus betul-betul sehingga ending dari pengkaderannya ini bisa menciptakan kader-kadernya ini masuk didalam urat nadi tersebut, Ungkapnya.

Terakhir saya sangat senang dan berterima kasih sekali kepada bapak Ansar sebagai ketua LSM GMBI Wilter Sulawesi Tenggara setelah beberapa hari disini kita sama-sama sharing, saling belajar untuk keorganisasian di distrik kabupaten Sumedang ini, kalau di sisi DPRD nya itu sama tugas dan fungsi nya sebagai pengawasan. Sehingga peran dari masyarakat ini teman-teman yang tergabung dalam LSM GMBI sama dan bagaimana mengfokuskan diri sebagai sosial kontrol pengawasan terhadap pemerintah baik legislatif, eksekutif, maupun yudikatif, Tutupnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.