Jelang Kenaikan Harga BBM, Warga Serbu SPBU

  • Share
Caption: foto antrian truk di salah satu SPBU yang ada di Kab. Gowa, menunggu giliran untuk mengisi BBM jenis solar dengan harga lama sebelum pemerintah resmi menaikkan harga BBM (sumber doc tribunnews.com)

SUARAGMBI.CO.ID | GOWA –Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax diumumkan pemerintah Sabtu, 3 September 2022 siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan harga BBM terbaru itu mulai berlaku sejak satu jam setelah diumumkan kenaikan harga.

“Ini berlaku satu jam sejak saat diumumkannya penyesuaian harga ini, jadi akan berlaku pada pukul 14.30  WIB,” ujar Arifin Tasrif, dalam siaran pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 3 September 2022.

Pengumuman kenaikan harga BBM ini dinilai terlalu mendadak sehingga menyebabkan masyarakat panik untuk buru-buru membeli bahan bakar di SPBU terdekat.

Dari pantauan awak media Suaragmbi, antrian kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua terlihat mengular sampai ke jalan raya di salah satu SPBU yang ada di Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, yakni SPBU 74.92132 Limbung pada Sabtu siang (3/8/2022).

Menurut keterangan salah seorang petugas SPBU yang enggan menyebut nama bahwa antrian ini mulai berlangsung dari siang sampai sore, banyak warga yang berbondong-bondong ke SPBU untuk mengisi penuh kendaraannya dengan BBM untuk mendapatkan harga lama.

Beberapa pengendara motor dan mobil juga terlihat putar balik lantaran antrean terbilang cukup panjang.

Pertamina juga telah merilis harga terbaru seluruh jenis BBM untuk semua Provinsi. Mengutip dari website resmi MyPertamina, untuk wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) harga pertalite yang sebelumnya Rp 7.650/liter menjadi Rp 10.000/liter. Solar berubah menjadi Rp6.800 dari Rp5.150 per liter, dan Pertamax naik Rp.2000 menjadi Rp14.500 dari Rp12.500 per liter.

Berikut rincian harga BBM terbaru di Sulawesi Selatan berlaku efektif per 3 September 2022 pukul 15.30 Wita:
-Pertalite: Rp 10.000
-Pertamax: Rp 14.850
-Pertamax Turbo: Rp 16.250
-Dexlite: Rp 17.450
-Pertamina Dex: Rp 17.750

Adapun peralihan subsidi BBM ini menurut pemerintah sebagian akan diubah untuk dibagikan kepada masyarakat agar lebih tepat sasaran.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp24,17 triliun untuk disalurkan menjadi tiga jenis bantuan sosial, yakni BLT BBM, bantuan upah pekerja, dan bantuan dari pemerintah daerah.(*)

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.