Perkuat Kerjasama Bisnis Pengiriman Barang, PT PELNI Gelar Audiensi dengan Pelanggan

  • Share

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar audiensi dengan sejumlah perusahaan pengirim barang asal Surabaya di JW Marriot Hotel, Surabaya, Jumat (2/9/2022)

SUARAGMBI.CO.ID | SURABAYA –PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar audiensi dengan sejumlah perusahaan pengirim barang asal Surabaya di JW Marriot Hotel, Surabaya, Jumat (2/9/2022). Pertemuan ini digelar sebagai rangkaian dari cara Perusahaan merayakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September.

Audiensi yang berjalan santai dan bersahabat. Dari PT PELNI turut hadir Komisaris Kristia Budiarto, Direktur Utama Tri Andayani, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Yossianis Marciano, Kepala Cabang Surabaya Haeru Rijal dan sejumlah pimpinan PT PELNI dari Kantor Pusat Jakarta maupun perwakilan PELNI Cabang Surabaya.

Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani merupakan penggagas pertemuan ini. Dirinya memandang penting untuk dapat mempertemukan manajemen tertinggi sebagi pembuat kebijakan dengan pelanggan Perusahaan sebagai penerima langsung dampak kebijakan dan sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan jasa PELNI atau tidak.

Baca juga: Beri layanan Memuaskan KM Sinabung Dapat Apresiasi Dari Masyarakat Pengguna Jasa Angkutan Laut

“Makan malam berlangsung cair dan terbuka. Kami ingin mendengarkan langsung dampak kebijakan kami terhadap pelaku usaha di lapangan. Harus ada sinkronisasi antara kebijakan dengan kebutuhan pelaku usaha dengan prinsip saling menguntungkan. Kami berharap perusahaan pengiriman barang dimanapun melihat keseriusan PT PELNI untuk terus memberikan yang terbaik,” ujar Anda, sebutan akrab Tri Andayani.

Sementara itu, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Yossianis Marciano menyampaikan hal senada. Sebagai muara pergerakan barang ke wilayah tengah dan timur, sangat penting bagi PT PELNI untuk mendapatkan masukan dari para pengusaha pengirim barang di Surabaya.

“Pergerakan barang dari Surabaya sangat besar, sehingga masukan dari rekan-rekan di lapangan sangat krusial untuk melihat posisi kami di tengah banyaknya opsi jasa angkutan logistik. Uuntuk dapat bersaing secara kompetitif, kami harus tanggap mendengarkan masukan dan kebutuhan pelanggan, sehingga kami bsia cepat menyesuaikan diri,” ungkap Yossianis.

Pada pertemuan tadi malam, PT PELNI mengundang perwakilan perusahaan pengiriman barang untuk kapal penumpang maupun pelanggan muatan kapal tol laut.

Selama masa pandemi, di saat jumlah penumpang mengalami penurunan, tren bisnis muatan justru mengalami peningkatan. Untuk pengiriman muatan dengan kapal tol laut di tahun 2020 tercatat sebanyak 8.858 TEUs, sementara tahun 2021 jumlah muatan tol laut sebesar 12.872 TEUs  atau naik 85,4 persen dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2022, hingga Juli tercatat 8.252 TEUs dimana jumlah tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 18,2 persen dari periode tahun sebelumnya (YoY).

“Bisnis angkutan barang tercatat menujukkan tren yang positif. Untuk kinerja tol laut sendiri. Sepanjang semester 1/2022, muatan tol laut menunjukan kenaikkan hingga 117 persen. Tiga wilayah dengan muatan tol laut terbesar masih didominasi oleh Surabaya, disusul oleh Ternate dan Bitung/Tahuna,” tambah Yossianis.

PELNI mengoperasikan 10 kapal tol laut dimana kapasitas KM Lognus 1-5-6 sebesar 220 TEUs; KM Lognus 2-3-4 : 115 TEUs serta tipe KM Kendhaga 55 TEUs dengan rata-rata pengiriman sebanyak 1-2 kali per bulan. Surabaya menjadi home base terbesar bagi kapal-kapal Tol Laut karena letaknya yang strategis.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.(*dikutip dari www.pt.pelni.co.id)

Untuk informasi dan pertanyaan hubungi:

Ditto Pappilanda
Manager Humas dan Kelembagaan
PT PELNI (Persero)
Telp. 0878 7516 2629

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.