Pengunjung Wajib Mampir di Zona 2 F8, Ada Sejarah Nama-Nama Jalan Di Kota Makassar

  • Share

SUARA GMBI | MAKASSAR – Bagi pengunjung Makassar International Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 yang penasaran dengan nama-nama jalan di Kota Makassar wajib mengunjungi area Zona dua.

Di area tersebut disajikan nama-nama jalan beserta sejarahnya dalam bentuk tulisan informasi dan gambar sepanjang 20 meter.

Tujuan ditampilkannya sejarah nama jalan tersebut agar masyarakat paham dan mengetahui setiap nama jalan memiliki sejarah penting dan sebagai simbol penghargaan bagi pejuang.

Seperti halnya, Jalan Ranggong. Hal pertama kali terlintas di pikiran masyarakat yaitu tempat makan gado-gado dan coto makassar yang sangat enak.

Padahal jika melihat sejarah nama Ranggong adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Ranggong Daeng Romo.

Ia adalah pemuda yang mendirikan organisasi perjuangan bernama Gerakan Muda Bajeng (GMB) setelah kemerdekaan diraih. Ia jiga turut mengobarkan semangat perjuangan untuk menentang Belanda.

Tak hanya itu, sejarah Jalan Lasinrang juga masih banyak yang belum tahu. Setahu masyarakat Jalan Lasinrang itu tempat jualan Jalangkote dan Lumpia terenak di Makassar.

Namun, Lasinrang merupakan pejuang bugis asal Pinrang yang memimpin para pemuda di Tanah Addatuang Kerajaan Sawitto melawan penjajah Belanda.

“Bangsa yang baik adalah bangsa yang selalu mengingat serta melestarikan budaya dan sejarahnya dan Makassar F8 harus jadi bagian dari itu,” sebut Danny Pomanto, Wali Kota Makassar, Kamis (08/08). (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.