Awal Kepemimpinan Baru Ketua Osis Terpilih SMKS Nusantara Lubuk Pakam; Jabatan Adalah Amanah

  • Share

SUARAGMBI.CO.ID | Medan –
Pemilihan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan dalam rangka mengatur serta menjalankan roda organisasi sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh seluruh pengurus dalam setiap organisasi tersebut.

Dilingkup sekolah SMP Dan SMU/SMK sederajat, kita mengenal sebuah Organisasi Siswa Intra Sekolah atau sering disingkat OSIS yang merupakan suatu wadah untuk mendidik para siswa siswi menjadi calon pemimpin yang memiliki karakter tangguh serta bertanggung jawab dalam setiap tugas yang diembannya yang pada waktunya nanti bisa mengaplikasikan segala potensi diri yang dimiliki untuk masyarakat luas.

Caption : Foto Salsabila saat memberikan jawaban atas pertanyaan seorang rekan sejawatnya dalam pemilihan ketua OSIS di SMKS Nusantara (doc By Sasya)

Seorang ketua OSIS memiliki peran penting disebuah sekolah. Ia akan menjadi contoh terbaik bagi seluruh kawan-kawan sejawatnya karena dilingkup sebuah sekolah seorang ketua OSIS dituntut harus supel, disiplin dan rajin belajar.

Seperti halnya yang baru berlangsung di SMKS Nusantara Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pemilihan Ketua Osis yang baru untuk tahun ajaran 2022/2023 berlangsung ketat karena diikuti oleh kandidat sebanyak lima orang siswa, Sabtu (15/10/2022).

Dari kelima calon ketua OSIS tersebut telah dilakukan tahap seleksi oleh panitia serta melewati berbagai syarat diantaranya harus menyampaikan visi dan misi dalam memimpin.

Setelah melewati proses tanya jawab dan uji public speaking, pemilihan calon Ketua OSIS oleh siswa siswi SMKS Nusantara pun dilangsungkan secara demokratis layaknya pilpres atau pemilukada dalam tatanan demokrasi di Tanah Air.

Dengan suara terbanyak akhirnya terpilihlah seorang Siswi dari kelas X AKL bernama Salsabila Putrianingtyas (Sasya) dengan perolehan sebanyak 128 suara mengungguli kandidat lain yang ikut sebagai peserta kontestasi demokrasi tingkat sekolah ini.

OSIS dalam lingkup sekolah merupakan organisasi bergengsi dan sangat berguna untuk pengembangan diri dalam melatih kemampuan manajerial seorang calon pemimpin dimasa depan.

Maka berbahagialah para siswa yang telah terpilih menjadi ketua ataupun pengurus OSIS, Karena dari organisasi ini nantinya mereka akan belajar menjadi pemimpin yang amanah amaliah dan istiqomah.

Melalui tulisan singkat ini penulis ingin mengucapkan Selamat kepada Salsabila Putrianingtyas sekaligus berpesan agar amanah yang telah dipercayakan kepadanya dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, jabatan bukan untuk dilayani tapi untuk melayani, semoga kelak menjadi pemimpin yang amanah yang bisa bertanggung jawab dunia akhirat seperti firman Allah dalam Al-Qur’an yang berbunyi;
إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ
“Sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya.” (QS al-Qashash [28]: 26). Wassalam.

Editor : Salsabila Putrianingtyas.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *