Pelni Maksimalkan Layani Penumpang Mudik Natal dan Libur Tahun Baru 2022/2023.

  • Share
Caption : Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yahya Kuncoro (kanan) berbincang dengan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Mugen Suprihatin Sartoto (kiri) saat Pelepasan Voyage Perdana Kapal Pelni Tahun 2022 di Dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (*/Antara)

SUARAGMBI.CO.ID | MAKASSAR,- Menghadapi mudik Natal dan musim liburan Tahun Baru 2022/2023, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) akan menyiapkan sejumlah armada untuk melayani perjalanan para penumpang dengan moda transportasi laut yakni dengan mengerahkan 26 armada kapal serta 44 kapal perintis.

Hal tersebut disampaikan Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro dikutip Republika.co.id.

“Kapal sudah mulai proses docking, ada yang sampai November ini terakhir docking,” kata Yahya saat ditemu di KM Kelud yang bersandar di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta pada Jumat (22/10/2022).

Selain memastikan kesiapan kapal, PT Pelni juga telah menentukan waktu puncak arus mudik dan balik pada periode Nataru 2022/2023 yaitu mulai 11 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 dan memastikan bahwa Pelni akan membuka posko angkutan Nataru 2022/2023.

“Posko kalau dari Kemenhub masih menunggu. Kalau Pelni sudah ditetapkan dari 11 Dessember 2022 sampai 8 Januari 2023 memang panjang satu bulan. Kalau Kemenhub kemungkinan biasanya hanya 14 hari,” ujar Yahya dikutip Republika.co.id

Baca Juga : Perkuat Kerjasama Bisnis Pengiriman Barang, PT PELNI Gelar Audiensi dengan Pelanggan

Yahya memastikan, posko pantau mudik Nataru 2022/2023 akan dibuka selama 24 jam setiap pekannya. Dia menambahkan, personel dan fasilitas juga akan disiapkan untuk mengantisipasi keadaan darurat.

“Di cabang juga akan berkoordinasi dengan stakeholder yang ada membuat posko bersama. Posko jadi tidak hanya di pusat tapi di cabang juga,” tutur Yahya.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Pelni juga telah berkoordinasi dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dalam menyiapkan fasilitas pelabuhan dan terminal saat melayani penumpang.

Baca Juga : Resmi, Wakomindo Kini Sah Berbadan Hukum

“Kerja sama dengan Pelindo untuk terminal penumpang. Sterilisasi wilayah penumpang bisa diatur dan layanan terminal penumpang sesuai standar yang menunggu sebelum ke atas kapal,” jelas Yahya.

Yahya mengatakan, Pelni juga menerapkan pembelian tiket secara daring. Dia menegaskan tiket untuk masa angkutan Nataru 2022/2023 dapat dibeli sebulan sebelum keberangkatan.

“Semua penjualan tiket online, tidak ada cash lagi. Pembayaran bisa menggunakan kartu debit atau channel pembayaran lainnya. Pembelian juga bisa melalui agen travel,” ungkap Yahya. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *