Sah Nahkodai GERKATIN Sulsel, Andi Arfan Harap Pemerintah Perhatikan Warga Disabilitas

  • Share
Sah Nahkodai GERKATIN Sulsel, Andi Arfan Harap Pemerintah Perhatikan Warga Disabilitas
Saat Pelantikan Ketua dan Pengurus DPD GERKATIN Sulawesi Selatan.

SUARA GMBI | MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (DPD GERKATIN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke – IV yang dilaksanakan di gedung Dinas Sosial Provinsi Sulsel Jalan A. P. Pettarani No.59 Kota Makassar, Sabtu (29/10/2022).

Melalui penerjemah bahasa isyaratnya, Hajja Ramlah menjelaskan dalam Musda tadi, Andi Arfan terpilih menahkodai DPD GERKATIN Sulsel yang saat ini telah terbentuk kepengurusan DPC di 13 Kabupaten/kota se – Sulawesi Selatan.

“DPD GERKATIN Sulsel merupakan organisasi Nasional sebagai wadah teman – teman Disabilitas Rungu di Sulawesi Selatan, saat ini juga telah terbentuk 13 DPC Kabupaten/Kota, adapun dalam Musda tadi, Andi Arfan didaulat menjadi Ketua DPD GERKATIN Sulsel.” Ungkap Ramlah yang empat periode menahkodai organisasi tersebut.

Menurutnya, keberadaan DPD Gerkatin cukup membantu Pemerintah dalam mendata jumlah warga Disabilitas Rungu yang ada di setiap Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

“Jadi hadirnya organisasi kami DPD sampai DPC cukup membantu pemerintah untuk mendata berapa banyak warga Disabilitas Rungu yang ada di Sulawesi Selatan, setiap kabupaten/ kota kami mempunyai datanya, jadi pemerintah apabila diperlukan boleh meminta ke kami.” Ujar Owner Penyewaan baju pengantin itu saat di wawancarai wartawan melalui penerjemahnya.

Baca juga : Berdirinya Mall Panakkukang Meninggalkan Duka Mendalam Bagi Korban AZ

Hajja Ramlah yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi DPD GERKATIN Sulsel berharap, pemerintah mendukung dan turut mensosialisasikan hak – hak kaum Disabilitas kepada masyarakat.

“Kami tidak meminta apa – apa, kami hanya berharap pada pemerintah agar mendukung dan ikut mensosialisasikan hak – hak kaum Disabilitas yang ada di Sulawesi Selatan khususnya dan seluruh Indonesia pada Umumnya.” Tutup Hajja Ramlah melalui kerabat yang menterjemahkan.

Sementara itu, ketua DPD GERKATIN terpilih Andi Arfan menambahkan, pihaknya meminta Gubernur Sulsel dan Bupati/Walikota turut mensukseskan serta mensosialisasikan acara akbar Hari Disabilitas Internasional yang akan di helat pada bulan Desember tahun 2022 mendatang.

“Kami berharap pemerintah dalam hal ini Gubernur Sulsel dan Bupati/Walikota ikut andil dalam mendukung dan mensosialisasikan acara akbar Hari Disabilitas Internasional yang akan di peringati pada bulan Desember tahun 2022 akan datang.” Harap Arfan melalui penerjemah bahasa isyaratnya.

Diketahui, Setiap tanggal 3 Desember, Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Persons with Disablities akan diperingati oleh masyarakat dunia. Peringatan ini bertujuan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di segala bidang.

Tambahan Informasi, GERKATIN kepanjangan dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia dalam bahasa inggrisnya yaitu IAWD (indonesian Association for the Welfare of the Deaf).

Dalam perkembangan selanjutnya, GERKATIN/IAWD telah terdaftar sejak tahun 1983 sebagai anggota WFD (World Federation of the Deaf) diindonesiakan Federasi Tuna Rungu se-Dunia bermarkas di Helsinki, Finlandia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *