Knowledge Sharing BBWS Pompengan Jeneberang Kunjungi Danau Rawa Pening BBWS Pemali Juana Kabupaten Semarang

  • Share

SUARAGMBI.CO.ID | SEMARANG  Kegiatan Knowledge Sharing dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) di Kota Semarang  terkait Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Air  (SDA) Danau Rawa Pening Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga : Antisipasi Banjir di Makassar BBWS-PJ Lakukan Pengerukan Sedimen Waduk Tunggu Pampang; LSM GMBI Sulsel Beri Apresiasi

Kunjungan ini dihadiri oleh Kepala Bidang PJSA IR. Hj. Nurlaela, SP.1, Ketua Tim Pelaksana Danau dan Bendungan Sofyan Widjaya, ST.M.S.P, Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Alexsander Nandar, ST., MT, Kepala Satker O&P Sahirah HR, ST., MT, PPK Perencanaan Bendungan Yayuk Wijaya, ST., M.Eng, PPK O&P V Asriani, ST., MPSDA, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Soppeng, serta Tim dari BBWS Pompengan Jeneberang.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi BBWS Pompengan Jeneberang Respon Cepat, Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Kegiatan Knowledge Sharing ini diterima langsung oleh Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi, S.T., M.Tech yang memaparkan keberhasilannya dalam mengelola Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang.

Menurutnya, melakukan inventarisasi terhadap kepentingan-kepentingan terkait danau adalah hal utama yang perlu dilakukan, sebagai bahan rumusan bersama untuk mendapatkan hasil yang baik dengan tetap mengakomodir kepentingan di segala bidang tersebut. Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah melakukan zonasi-zonasi area pengelolaan dan bekerjasama dengan pihak TNI dalam pelaksanaan pengelolaan tersebut.

Baca Juga : BBWS Pompengan Jeneberang-TNI Kembali Sosialisasikan Kegiatan Pemeliharaan Objek Vital Negara Bendungan Bili-Bili dan Sungai Jeneberang

“Kita harus duduk bersama dengan semua pihak, inventarisasi semua hal termasuk kearifan lokal yang ada disana. Saat proses revitalisasi kami bekerja sama dengan TNI, dan melakukan zonasi-zonasi,” ujar Kepala BBWS Pemali Juana.

Penanganan Danau Rawa Pening yang dilakukan antara lain dengan pembersihan enceng gondok yang bekerjasama dengan Kodam IV/Diponegoro, yang sebelumnya 500 hektar kini menjadi 250 hektar. selain itu dilakukan juga pematokan batas sempadan di sekeliling Danau Rawa Pening agar batas danau tidak diokupansi, karena ada badan air yang harus dijaga.(*https//sda.pu.go.id)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *