Puluhan Aktivis GMBI Sambangi Kejati Sulsel, Minta Jaksa Bekerja Profesional Mengungkap Kasus Dugaan Korupsi Satpol PP Makassar

  • Share
Caption: Foto bersama aktivis GMBI dengan Kasi Penkum Kejati Sulsel di depan gedung Kejati Sulsel.

SUARAGMBI.CO.ID | MAKASSAR,- Sebagqi lembaga sosial kontrol yang selama ini diketahui telah membawa dan melaporkan temuan kasus dugaan korupsi di tubuh Satpol PP Kota Makassar, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) hari ini Senin (9/1/2023) kembali medatangi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) guna meminta agar Kejati Sulsel dapat bekerja lebih optimal, profesional, bersih, transparan, akuntanbel  serta berwibawa sesuai tuntutan besar masyarakat terhadap kasus dugaan korupsi penyalahgunaan honorarium tunjangan operasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Makassar Tahun Anggaran 2017 hingga 2020.

Kedatangan puluhan aktivis LSM GMBI Sulsel dipimpin langsung oleh Ketua GMBI Wilter Sulsel 9didampingi Sekretaris Wilter dan beberapa orang jajaran serta beberapa Ketua Distrik LSM GMBI (Kabupaten/Kota) yang ada di Sulsel.

Baca juga: Sejumlah Oknum Camat Masih Melenggang Bebas, LSM GMBI Desak Kejati Sulsel Tuntaskan Kasus Korupsi Satpol PP Makassar

Rombongan aktivis GMBI Sulsel diterima langsung oleh Kasi Penkum Soetarmi di ruang rapat lantai satu gedung Kejati Sulsel.

Caption: Foto saat Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel terlibat obrolan dengan Kasi Penkum Kejati Sulsel

Dalam pertemuan tersebut Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel Drs Sadikin menyampaikan maksud dan tujuannya menyambangi Kejati Sulsel.

“Tentunya kunjungan kami hari ini selain bersilaturahmi sekaligus memastikan  kembali kelanjutan kasus yang selama ini telah dilaporkan oleh lembaga kami,” tutur Sadikin.

Baca juga: Sukses Ungkap Kasus Korupsi Honorarium Satpol PP, LSM GMBI Beri Apresiasi Kejati Sulsel

“Akhir-akhir ini memang sudah sangat banyak elemen masyarakat baik itu ormas atau apapun itu bentuknya yang ikut mengawal kasus ini, namun kedatangan kami sekaligus mempertegas dan saya kira kejaksaan juga sudah mengetahui bahwa kasus ini dari awal menjadi temuan GMBI dan tetap akan dikawal oleh LSM GMBI,”ungkap Sadikin

Menanggapi pernyataan Ketua LSM GMBI Sulsel, Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sulsel Soetarmi, SH.,MH menyebut bahwa dalam catattan Kejati Sulsel, GMBI terdaftar sebagai pelapor kasus dugaan Korupsi di tubuh Satpol PP Kota Makassar.

“Jadi dalam catatan pembukuan kita bahwa pelaporan terkait masalah Satpol PP adalah GMBI,” Ucap Soetarmi.

Baca juga: Gubernur Sulsel Melalui Pemkab Takalar Salurkan Bantuan Untuk Korban Angin Puting Beliung di Desa Tamalate Galesong Utara

Soetarmi kemudian mengungkap alur perjalanan kasus yang telah dilaporkan oleh LSM GMBI Wilter Sulsel tersebut.

“Itu dari telaah intelejen, kemudian dari penyelidikan operasi intelejen ini, itulah yang diekspos kebidang Pidana Khusus  dan Alhamdulillah disetujui untuk ditingkatkan kepenindakan dan itulah yang ditangani Pidana Khuus (Pidsus) sekarang,”ungkap Kasi Penkum Kejati Sulsel.

Caprion: Foto suasana pertemuan dilantai satu gedung Kejati Sulsel

“ini luar biasa perkembangannya, menentukan tersangka sempat menahan kemudian kita stop lagi bagaimana caranya uang negara bisa kembali, dan dipakai kembali oleh daerah,” beber Soetarmi melanjutkan.

Baca juga: Pesisir Takalar Diterpa Puting Beliung, Tim GMBI Peduli Bergerak Salurkan Bantuan

Soetarmi lebih lanjut memastikan bahwa pihak penyidik Kejati Sulsel akan bekerja dan bertindak profesional dalam mengungkap kasus ini sesuai amanat Undang-Undang.

“Amanat dari Undang-Undang ini adalah kesatu menindak pelakunya, kedua menyelamatkan uang negara,” tuturnya.

Ia pun meminta seluruh pihak agar tidak mengambil kesimpulan sendiri apalagi mengeluarkan statemen yang sifatnya hanya menduga-duga .

“Mereka yang tidak tau hanya menduga-duga, mereka yang faham hukum pasti sudah tau, tapi kalau dari GMBI pasti sudah tau, saya mau GMBI ini hadir mengawal ini persidangan, semua fakta-fakta akan terbuka lebar dipersidangan,” lanjutnya.

Baca juga: Angin Kencang Porak Porandakan Sejumlah Rumah di Bontonompo Gowa

Menanggapi hal tersebut, Ketua LSM GMBI Sulsel kembali menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja pihak Kejati Sulsel, Ia mengaku telah memahami betul arah perjalanan kasus tersebut yang sudah terbuka terang benderang.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *