Himbauan Tegas Kapolda Sulsel Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H

  • Share
Caption: Foto Kapolda Sulsel saat memberikan sambutan.
SUARAGMBI | MAKASSAR, — Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kindusif selama Bulan Suci Ramadhan, Polda Sulsel akan meningkatkan  pengamanan dan pengawasan selama bulan suci Ramadan 2023.
Langkah tersebut diambil guna mencegah terjadinya gangguan dalam pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadhan, sehingga umat Islam dapat tenang selama pelaksanaan ibadah puasa.
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana , pihaknya akan menindak seluruh pelaku yang menganggu kemanan dan kenyamanan selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriah berlangsung. Termasuk menindak para oknum yang menjual petasan yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat.
“Langkah-langkah yang kami lakukan, kami akan mengamankan seluruh kegiatan (menganggu) terkait dengan ibadah puasa. Sampai dengan nanti saatnya kita akan melaksanakan Operasi Lilin 2023. Itu dalam rangka hari raya idul fitri,” kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana saat diwawancarai (21/3/2023) dikutip rakyatsulsel.fajar.co.id.
Sebelumnya dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 2023, mantan Kapolda Metro Jaya itu menyampaikan pihaknya juga telah melaksanakan operasi pra kondisi atau cipta kondisi.Salah satunya adalah memasifkan operasi minuman keras atau miras.
“Terkait hal ini, tentunya kami sudah melaksanakan operasi pra kondisi atau pun cipta kondisi. Selama ini kami sudah melakukan langkah-langkah, misalnya melakukan operasi terhadap minuman keras,” sebutnya.
Selain itu, Polda Sulsel juga telah melaksanakan instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait larangan peredaran petasan.
“Kedua juga melakukan tindakan terhadap peredaran mercon, sampai saat ini kami dapat arahan dari pusat, mercon tidak boleh ada. Sehingga kami pun akan melakukan operasi di jajaran Polda sampai ke Polres dan Polsek. Mercon tidak boleh,” tegasnya.
Berikut poin utama Himbauan Kapolda Sulsel menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi:
  1. Menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan seperti adanya konvoi atau arakan kendaraan yang bisa mengganggu kamtibselcar lantas, bermain petasan, dan giat pertemuan berkumpul yang bisa berujung terjadinya balapan liar serta tawuran atau perkelahian di wilayah polda Sulsel.
  2. Agar masyarakat menghindari minuman-minuman keras yg bisa berdampak terjadinya kesalahpahaman yang berpotensi menjadi perkelahian yang akan mengganggu keamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa.
  3. Kapolda menghimbau untuk tidak mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang yg akan merusak generasi muda sulsel.
Kapolda juga mengharapkan peran serta aktif masyarakat untuk bisa sama-sama mengawasi harga-harga kebutuhan pokok di saat bulan puasa dan idul fitri, apabila ada yg bermain dengan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat, kita akan berkoordinasi dengan Pemda dan TNI untuk mengambil tindakan hukum terhadap para penjual yang menaikan harga kebutuhan pokok yg tidak wajar. (*)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *