Beri Layanan Memuaskan, KM Dorolonda Dapat Apresiasi Dari Penumpang

  • Share
Caption: Gambar KM Dorolonda milik PT Pelni (Persero)
SUARAGMBI.CO.ID | SURABAYA — Komitmen PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang ternyata bukan isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan dengan berbagai upaya yang dilakukan demi memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para penumpang selama berada diatas kapal.
Salah satu armada kapal yang dimiliki oleh perusahaan plat merah ini adalah KM Dorolonda yang melayani rute dari Jakarta – Surabaya – Makassar – Baubau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung dan dari arah sebaliknya. Kapal dengan kru lebih dari seratus orang ini terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi laut.
Caption: Foto petugas kebersihan KM Dorolonda sedang membersihkan ruangan kapal.
Salah satu bentuk pelayanan yang semakin ditingkatkan adalah keamanan dan ketertiban selama dalam pelayaran. KM Dorolonda yang dilengkapi kamera pengawas yang terus dipantau 24 jam oleh kru kapal diruang kontrol sangat memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu petugas security kapal juga terus melakukan patroli secara bergantian setiap satu jam sekali utamanya dimalam hari disaat para penumpang terlelap tidur.
Kepala security KM Dorolonda Asrizan yang ditemui oleh awak media yang ikut dalam pelayaran bersama KM Dorolonda memberikan gambaran bagaimana sistem keamanan dalam kapal yang terus dalam pantauan petugas.
“Alhamdulillah kalau masalah keamanan selama ini dengan kerjasama yang baik masih aman ya, walaupun terkadang ada gangguan kecil seperti misalnya ada yang mabuk tapi itu jarang, biasanya kita panggil ke kantor beri peringatan, kalau diulangi lagi terpaksa kita ambil tindakan tegas dengan menurunkan dipelabuhan terdekat,” tutur Asrizan saat ditemui di ruangannya Rabu (31/5/2023).
Caption: Foto Kepala Keamanan KM Dorolonda
Sementara salah seorang penumpang KM Dorolonda yang berlayar dari Makassar menuju Surabaya Rahmawati mengaku cukup puas dengan pelayanan selama dalam pelayaran bersama KM Dorolonda.
“Sudah makin baik ini saya rasa pelayanannya dan itu penjaganya (security/red) saya lihat juga cukup profesional dalam tugasnya kadang lewat lewat gantian gitu memantau penumpang jadi kita pun merasa aman,” ujar Rahma.
Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang penumpang lain Nurhayati Abubakar, ia pun mengaku saat ini pelayanan yang Ia dapatkan selama dalam pelayaran bersama KM Dorolonda sudah bagus jika dibanding beberapa tahun lalu saa naik kapal yang sama.
Caption: Foto petugas kebersihan sedang membersihkan dek bagian luar KM Dorolonda
“Cukup bersih sih saya lihat ini, bersih karena petugas kebersihan juga selalu sigap ya menyapu dan mengangkat semua sampah yang jatuh ke lantai (kapal/red), jadi suasana juga nyaman didalam kapal, tong – tong sampah juga saya lihat selalu dikontrol sama mereka, mungkin takut penuh kali ya jadi dia pastikan supaya gak bau dalam ruangan,” ujar Ibu Nur sapaannya.
Lebih lanjut Nurhayati juga meminta kepada pihak perusahaan (PT Pelni) agar terus meningkatkan berbagai bentuk pelayanan kepada para penumpang khususnya kebersihan demi kenyamanan selama dalam pelayaran.
Pantauan awak media terlihat setiap saat para petugas kebersihan kapal berkeliling didalam ruangan kapal guna membersihkan lantai kapal serta mengangkat sampah yang terdapat didalam tempat sampah yang sengaja diletakkan di setiap ruang ruang kapal utamanya di area tempat tidur para penumpang.
Selain itu hampir setiap saat juga terdengar himbauan dari petugas kapal melalui pengeras suara agar para penumpang menjaga kebersihan dan ketertiban serta tidak merokok didalam ruang kapal. Begitu pun pengumuman jam makan bagi para penumpang serta informasi waktu sholat bagi umat muslim selalu terdengar setiap memasuki waktu sholat.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *