Bansos PKH Tahap 3 Cair, Kantor Pos Tamallaeng Bontonompo Maksimalkan Pelayanan

  • Share
Caption: Foto penyaluran Bansos PKH di Kantor Pos Tamallaeng, Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. (Foto by Della).
SUARAGMBI | GOWA — Puluhan masyarakat penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) terlihat mendatangi Kantor Pos Tamallaeng Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Rabu (20/9/2023) pagi.
Masyarakat yang didominasi kaum perempuan ini rela mengantri dari pagi demi untuk mendapatkan Bantuan Sosial dari Pemerintah dalam bentuk uang tunai.
Kepala Kantor Pos Tamallaeng Muhammad Ridwan Karim mengatakan sampai dengan hari ini (20/9) tercatat ada 231 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Kantor Pos Tamallaeng Kecamatan Bontonompo yang berhak mendapatkan Bansos PKH tahap ke tiga.
“Untuk hari ini 231 kayaknya ini yang terdaftar, sekitar itulah, ini untuk tahap ketiga semua,” ungkap Ridwan.
Menurut Ridwan saat ini Kantor Pos Tamallaeng telah melakukan berbagai upaya guna memudahkan masyarakat penerima Bansos yang terdapat di dua kecamatan yakni Bontonompo dan Bontonompo Selatan untuk mendapatkan haknya di kantor Pos Tamallaeng.
“Sebenarnya jadwal penerimaan hari ini tanggal 20 cuma dari kemarin sudah kami cicil-cicil (penyaluran/red) sebagian untuk membantu masyarakat yang datang di Kantor Pos,” ujarnya.
Caption: foto sejumlah warga yang tengah antri untuk mendapatkan Bansos PKH tahap ke 3 di Kantor Pos Tamallaeng.
Lebih lanjut Ridwan menjelaskan bahwa untuk penyaluran Bansos PKH melalui Kantor Pos Tamallaeng telah ditetapkan jadwalnya namun masyarakat yang belum sempat datang ke kantor pos pada hari ini tetap masih bisa mendatangi kembali Kantor Pos untuk mencairkan Bansos PKH dengan membawa kelengkapan administrasi kependudukan sesuai nama yang tertera dalam daftar penerima Bansos.
Ditempat yang sama salah seorang pendamping PKH Kecamatan Bontonompo Selatan, Arsidin menjelaskan saat ini masyarakat penerima Bansos PKH sebagian telah menggunakan barcode yang tertera dalam surat undangan penerima bansos yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia. Nantinya petugas loket Pos akan melakukan scan barcode sesuai yang tertera di surat undangan untuk divalidasi.
“Sebagian itu pakai barcode dari PT Pos namun ada yang sebagian tidak tercetak, informasi dari PT Pos bisa dilayani walaupun tidak ada barcode asalkan ada BNBA (By Name By Adress) yang keluar dari kantor Pos, tapi tetap didahulukan yang ada barcode nya memang nanti menyusul yang tidak ada barcodenya,” tutur Arsidin.
Arsidin berharap kepada masyarakat penerima Bansos PKH agar segera mencairkan bantuan sosialnya sebelum batas waktu pencairan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial, karena apabila telah lewat sesuai batas waktu yang telah ditentukan maka dana Bansos PKH tersebut akan ditarik kembali ke kas negara.
Berdasarkan informasi resmi dari laman Kemensos bahwa Jadwal pencairan Bansos PKH Tahap 3 melalui Bank Himbara dimulai pada tanggal 17 Agustus 2023 dan berakhir pada tanggal 30 September 2023. Adapun jadwal pencairan melalui PT Pos Indonesia dimulai pada tanggal 1 Agustus 2023 dan akan berakhir pada tanggal 30 September 2023.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *