Kepala Desa Cilograng, Apresiasi Program Bantuan Alat Kesenian dan Penguatan Ekonomi Kreatif dari Kemensos RI

  • Share

SUARAGMBI.CO.ID | Lebak – Kementrian Sosial RI memberikan bantuan senilai Rp 50 Juta kepada kelompok seni Kasidah asal Desa Cilograng Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak-Banten.

Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening kelompok dan pengelolaannya oleh kelompok tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk kebutuhan peralatan seni Kasidah, seluruh peralatan yang dibeli mencukupi untuk kebutuhan pementasan Grup Kasidah yang bernama Nurussalam pimpinan bapak Uus, yang beralamat di RT03/RW06 Kampung Pasir Salam.

Sedangkan Untuk penguatan ekonomi produktif kelompok berupa kerajinan tangan pembuatan ukiran dari kayu jati

Diketahui bantuan ini disalurkan demi mengaktualisasi nilai-nilai kearifan lokal untuk menjaga mental masyarakat agar tetap terus menjaga kelestarian nilai-nilai seni budaya dan sebagai penguat ekonomi bagi para pecinta seni dan budaya.

Kepala Desa Cilograng Utom S.Pd.I, menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan Kemensos RI untuk kelompok seni di desanya yang memang eksis sejak puluhan tahun.

“Bantuan ini sangat membantu untuk mengembangkan budaya lokal yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, maka harus terus dilestarikan. Selain itu saya sangat berterimakasih karena ada juga bantuan untuk sektor penguatan ekonomi yang bisa menjadi penopang kehidupan para seniman,” imbuhnya. Kamis (21/12/2023).

Lebih lanjut Utom mengatakan, “Adanya bantuan ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan nilai-nilai kearifan lokal dan adat budaya yang dapat dijadikan sebagai sarana mempererat tali silaturahmi agar tidak pernah memudar,” harapnya.

“Program penguatan kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk pelestarian seni budaya dan penguatan ekonomi produktif melalui Kemensos ini, diharap nanti dapat meningkatkan peran kearifan lokal dalam pencegahan konflik sosial,” pungkasnya.

(RIKI)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *