Duta Pemuda DISPORA Kota Makassar bersama TP-PKK Ujung Tanah Gelar Aksi Bakti Sosial ‘Appatasa’

  • Share
SUARAGMBI, Makassar – Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar bersatu dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah untuk menggelar aksi bakti sosial ‘Appatasa’.
Kegiatan ini berfokus di RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, yang telah lama menderita akibat penumpukan sampah yang tak pernah teratasi.
Kawasan pesisir tersebut, yang telah bertahun-tahun mengalami penumpukan sampah, kini mendapat perhatian serius. Aksi bakti sosial ini bukan hanya menjadi langkah pertama, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan. Meski baru pertama kali dilakukan, aksi ini berhasil mengangkat sekitar 18 ton sampah dari bantuan ratusan partisipan, menarik perhatian komunitas peduli lingkungan, termasuk masyarakat sekitar.
Camat Ujung Tanah, Amanda Syahwaldi, menyatakan, “Dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama, bagaimana membawa perubahan di suatu tempat khususnya di Kecamatan Ujung Tanah.” Ia menyoroti tingginya volume sampah di bawah rumah warga yang sebagian besar berasal dari laut dan kurangnya kesadaran warga akan kebersihan.
Amanda Syahwaldi menambahkan himbauannya untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, sambil menekankan perlunya kemasan dan penempatan di titik penjemputan.
Plt Kadispora Kota Makassar, Andi Engka Bau Djemma, menyampaikan kebanggaannya terhadap semangat dan kontribusi para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah. “Setiap langkah kecil kita memiliki dampak besar terhadap lingkungan,” katanya, pada Sabtu (27/1/2024).
Andi Engka menekankan pentingnya berpikir lebih luas, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan. Ia juga menyambut antusiasme dari beberapa kecamatan yang telah meminta untuk mengadakan kegiatan serupa.
“Hari ini mungkin kecil kontribusinya, tapi sekecil apapun itu semua yang dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing,” tambahnya.
Aksi bersih-bersih dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Plt Kadispora Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi, Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar Indira Mulyasari, dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar. Selain itu, sekitar 200 orang dari KNPI Kecamatan Ujung Tanah juga turut serta dalam aksi membersihkan lingkungan tersebut.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *