TP PKK Kota Makassar Gelar Tradisi Appasili Jelang Peresmian Gedung Baru

  • Share
SUARAGMBI, MAKASSAR — TP PKK Kota Makassar menggelar tradisi Appasili di gedung baru mereka yang berlokasi di jalan Balai Kota Nomor 17, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar pada Sabtu (27/1/2023). Tradisi ini menjadi bagian tak terpisahkan jelang peresmian gedung yang telah rampung seluruh lantainya.
Tradisi Appasili, yang merupakan warisan budaya turun temurun suku Bugis Makassar, dilakukan dengan memanjatkan doa-doa kepada Sang Pencipta. Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai bentuk usaha dan ikhtiar dalam mengatasi potensi marabahaya yang mungkin terjadi.
Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, menyampaikan bahwa Appasili bukan hanya acara seremonial semata, melainkan juga mencerminkan kebersamaan dan gotong-royong. “Kami berharap acara ini membawa keberkahan dan keamanan untuk gedung baru TP PKK Kota Makassar yang akan menjadi pusat kegiatan kita,” ucap Indira.

Baca juga : Jelang Penilaian Adipura, Pj Sekda Kota Makassar Pimpin Aksi Bersih-Bersih TPA Antang

Meskipun peresmian belum dilakukan, lantai dua gedung baru ini telah difungsikan sebagai kantor dan tempat berkegiatan oleh pengurus dan staf PKK. Ruang tersebut telah diisi dengan furniture yang dipindahkan dari kantor lama PKK di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar.

Baca juga: Duta Pemuda DISPORA Kota Makassar bersama TP-PKK Ujung Tanah Gelar Aksi Bakti Sosial ‘Appatasa’

Progres pembangunan gedung mencapai tahap akhir, hanya tinggal pembenahan dan pembersihan sebelum dilakukan penataan barang di setiap ruang. Lantai tiga, yang saat ini dalam tahap pemasangan jendela kaca, akan dimanfaatkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pokja PAUD Kota Makassar.
Dengan adanya tradisi Appasili, TP PKK Kota Makassar berharap gedung baru mereka tidak hanya menjadi tempat kegiatan, tetapi juga melambangkan keberagaman budaya dan kekompakan masyarakat dalam membangun dan memperkokoh ikatan sosial.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *