Wali Kota Makassar Bahas Pemimpin Peradaban di Peluncuran Buku Kepemimpinan Pemerintahan

  • Share
SUARAGMBI, Makassar, 31 Januari 2024 – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyoroti konsep pemimpinan peradaban saat memberikan pidato pada peluncuran buku “Kepemimpinan Pemerintahan” karya Prof Aminuddin Ilmar di Hotel Aryaduta Makassar.
Pomanto membagi pemimpin menjadi empat kategori, menekankan pentingnya pemimpin peradaban yang memiliki visi hingga 100 tahun ke depan. Ia menegaskan bahwa pemimpin proyek dan politik memiliki fokus yang lebih terbatas, sementara pemimpin peradaban memikirkan masa depan yang lebih luas.
Dalam konteks kepemimpinan, Wali Kota Makassar juga menekankan pentingnya mendidik birokrat untuk menjadi pemimpin terbaik di masa depan, yang mampu berjalan dan bekerja dengan baik bahkan dalam situasi sulit. Analoginya, seperti berjalan di dalam badai dengan payung, menekankan pada ketahanan dan kehati-hatian.
Pesan ini, kata Pomanto, dapat ditemukan dalam buku Prof Aminuddin Ilmar, dan diharapkan menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Selain itu, ia menyoroti aspek religiusitas dalam kepemimpinan, mengutip hadis Rasulullah SAW yang menegaskan bahwa setiap orang adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban.
Pomanto menutup pidatonya dengan menekankan bahwa ciri-ciri pemimpin yang baik adalah sederhana: mampu memimpin dirinya sendiri dan memiliki disiplin yang tinggi. Pesannya menjadi panggilan bagi semua pihak untuk memperkaya wawasan kepemimpinan demi masa depan yang lebih baik.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *