Pemkot Makassar Berbenah, Perbaiki TPA Antang untuk Raih Piala Adipura 2024

  • Share
Caption: Foto kondisi TPA Antang setelah dibenahi oleh Pemkot Makassar (sumber; detiksulsel)
SUARAGMBI | MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan, memperlihatkan komitmen serius dalam membenahi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Kecamatan Manggala, tengah penilaian Adipura 2024. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Ferdy Mochtar, menyatakan bahwa upaya ini sebagai bagian dari rangkaian usaha untuk meningkatkan kualitas TPA di Kota Makassar.
Sebagai langkah awal, akses pembuangan sampah diperluas sejauh 100 meter. Landasan setinggi 30 meter dibuat untuk mempermudah mobilisasi armada pengangkut sampah. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi distribusi sampah ke area belakang TPA.

Baca juga: Pemkot Makassar Mulai Revitalisasi Lapangan Karebosi Senilai Rp635 Miliar

Ferdy menegaskan bahwa pembenahan TPA ini tidak hanya untuk meraih piala Adipura, tetapi juga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Langkah-langkah seperti perbaikan saluran drainase juga dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan sekitar TPA.
Selain itu, upaya daur ulang juga ditingkatkan dengan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Bahkan gas metan yang dihasilkan dari sampah dimanfaatkan untuk kebutuhan energi.

Baca juga: Pemerintah Kota Makassar Bersiap Distribusikan Logistik Pemilu ke Pulau-Pulau Sekitar Kota Makassar

Meskipun banyak pembenahan telah dilakukan, Ferdy menekankan bahwa upaya perbaikan akan terus dilakukan secara intensif. Hal ini sebagai bukti komitmen Pemkot Makassar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan secara berkelanjutan.
Dengan upaya yang terus-menerus, Pemkot Makassar berharap dapat meraih prestasi di bidang lingkungan, termasuk meraih piala Adipura, sebagai bukti komitmen dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *