Kunjungan Bersama Walikota Makassar dan Pj Gubernur Sulsel ke Istana Negara: Makassar Akan Punya Stadion Bertaraf Internasional

  • Share
Caption: Foto Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Istana Presiden, selasa (27/2/2024).
SUARA GMBI, Makassar — Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Forkopimda Sulsel serta beberapa kepala daerah melakukan kunjungan ke Istana Negara, selasa (27/2/2024).
Kunjungan ini merupakan kesempatan untuk membahas berbagai pembangunan penting di Kota Makassar.Salah satu fokus utama dalam pertemuan tersebut adalah pembangunan stadion di Makassar. Walikota dan rombongan membahas rencana pembangunan stadion dengan Presiden Jokowi. Selain itu, Presiden juga mengusulkan agar pelabuhan lama di Makassar dijadikan sebagai City Center, sebuah langkah yang dianggap penting untuk memajukan Kota Makassar.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyatakan siap mendukung rencana pembangunan stadion di kawasan GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Komitmen Danny tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat Sulsel yang menantikan kehadiran stadion representatif.

Baca juga: Walikota Makassar bersama Pj Gubernur dan Forkopimda Sulsel Bertemu Presiden Jokowi Bahas Pembangunan di Kota Makassar

Proyek stadion di kawasan GOR Sudiang Makassar yang akan dibangun tahun ini tersebut merupakan janji dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Danny mengatakan siap membangun akses jalan ke stadion dengan alokasi anggaran Rp 200 miliar.
Selain pembangunan infrastruktur, persoalan angkutan transportasi Mamminasata serta optimalisasi kawasan sekitar Makassar New Port juga menjadi bahasan dalam diskusi tersebut. Rencana yang disusun dalam pertemuan tersebut bertujuan untuk mendukung hilirisasi dan kesejahteraan masyarakat.
“Dengan semangat yang tinggi, kami akan mengusahakan agar hasil diskusi bersama Presiden dapat terealisasi dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujar Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Baca juga: Walikota Makassar Tegaskan Rakorsus 2024 Sebagai Mesin Penggerak Pemerintah Kota

Sebelumnya, Walikota Makassar juga telah mengungkapkan dukungan pemerintah kota terhadap pembangunan jalan di sekitar stadion. Selain itu, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging di Makassar yang sedang direnovasi akan dipergunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH), yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan olahraga dan rekreasi masyarakat.
Danny Pomanto mengatakan anggaran untuk infrastruktur penunjang proyek stadion itu akan dialokasikan di APBD Perubahan 2024. Pemkot Makassar juga sedang menyiapkan skema akses jalan tersebut untuk dilaporkan ke Presiden Jokowi.
“Insyaallah tanggal 29 (Februari) kami akan melapor gambarnya. Dan insyaallah di (APBD) Perubahan nanti, saya akan alihkan semua anggaran untuk fokus bagaimana tahun ini infrastruktur stadion dan mendukung infrastruktur transportasi,” ungkapnya.
“RTH ini kita buat juga untuk olahraga, tempat orang jogging, orang leisure di situ. Karena sudah rata tidak akan terlalu sulit dengan CSR bisa kita bangun itu,” sambung Walikota.
“Yang penting ada perintah dari Gubernur karena itu punya provinsi. Kota Makassar siap isi eks Mattoanging untuk olahraga yang dalam bentuk low carbon begitu,” tambahnya, menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat Kota Makassar. (*)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *