Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dorong Pemda di Indonesia Contoh Inovasi Penataan Ruang Lorong Wisata

  • Share
SUARAGMBI, Makassar — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong kabupaten/kota di Indonesia agar mencontoh inovasi penataan ruang Lorong Wisata yang digagas Pemkot Makassar. Hal tersebut disampaikan Koordinator Fungsi Penyiapan Perumusan dan Pelaksanaan Kebijakan Bidang Diseminasi Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Aris Irawan.
Lorong Wisata merupakan inovasi yang digagas oleh Wali Kota Danny Pomanto dan resmi dilaunching pada Agustus 2022. Saat ini, inovasi ini terus berkembang dengan lebih dari 2.000 lorong tersebar di seluruh kecamatan di Kota Makassar. Program ini mencakup 21 konten, mulai dari keamanan pangan, pengendalian inflasi, ekonomi sirkular, pertanian kota, taman kota, mitigasi sosial, destinasi wisata baru, hingga pengembangan UMKM.
Aris Irawan menyatakan apresiasi terhadap inisiatif yang dilakukan oleh Wali Kota Danny Pomanto dan menyatakan keinginan agar apa yang telah dicapai di Kota Makassar dapat dijadikan contoh dan diadaptasi oleh pemerintah daerah lainnya. Menurutnya, Danny Pomanto merupakan sosok kepala daerah yang cerdas, kreatif, dan energik, yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide brilian dan mampu untuk mengimplementasikannya.

Baca juga: Forum Pejuang Demokrasi (FPD) Menuntut Tindakan Cepat Gakkumdu Terkait Dugaan Pelanggaran Pemilu di Takalar

Baca juga: Hadiri Forum Lintas OPD, Firman Pagarra Ingatkan Dukung 3 Program Strategis Pemerintah Pusat

Sebagai langkah selanjutnya, BRIN berencana untuk bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Makassar untuk mengekspos konsep-konsep yang telah diterapkan di Kota Makassar kepada pemerintah daerah lain melalui forum Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) BRIDA.
Sementara itu, Wali Kota Danny Pomanto mengungkapkan permohonan bimbingan dari BRIN dan menyatakan kesiapan Kota Makassar yang baru bermetamorfosa menjadi BRIDA tahun ini. Ia juga mengungkapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh BRIN terhadap inovasi Lorong Wisata yang telah berhasil dijalankan. Danny Pomanto menegaskan bahwa inti dari sebuah kota adalah keterlibatan publik, yang merupakan cara untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan kota. Melalui inisiatif Lorong Wisata, Danny Pomanto berhasil menciptakan ekosistem kota yang mandiri dan menjadikan Makassar sebagai kota yang tangguh (resilient).
Ini menunjukkan komitmen BRIN dalam mendukung inovasi lokal dan memperkuat kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di seluruh Indonesia.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *