Kepemimpinan Wali Kota Danny Pomanto di Kota Makassar Terbukti Membawa Lima Prestasi dalam Bidang Kebersihan dan Lingkungan 

  • Share
Caption : Foto Walikota Danny saat menjadi narasumber dalam acara G20 di Bali.
SUARA GMBI | Makassar, 8 Maret 2024 – Kepemimpinan yang gigih dan berkomitmen dari Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, telah terbukti membawa berbagai prestasi, terutama dalam bidang kebersihan dan lingkungan. Danny Pomanto, demikian ia akrab dipanggil, berhasil membawa Kota Makassar meraih lima Penghargaan Adipura selama dua periode kepemimpinannya, menjadikannya satu-satunya wali kota yang mencapai prestasi tersebut.
Pada periode pertamanya,Danny Pomanto telah mengukir prestasi dengan memboyong tiga Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Adipura Buana diraih pada tahun 2015, dan Piala Adipura Kirana pada tahun 2016 dan 2017. Meskipun pada tahun 2018/2019, Makassar hanya meraih Penghargaan Adipura dalam bentuk sertifikat untuk kategori tingkat dasar, namun hal ini tidak mengurangi semangatnya.

Baca juga: Pemkot Makassar Dorong Warga Mengadopsi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Baca juga: Tingkatkan Mutu Dalam Bidang Bendungan, BBWS Pompengan Jeneberang Fasilitasi Penyelenggaraan Sertifikasi Keahlian Bendungan

Baca juga: Kapolda Banten Pimpin Upacara Sertijab Kabid Propam Polda Banten

Setelah mengalami posisi wali kota kosong dan dijabat oleh penjabat, Makassar tidak lagi masuk dalam daftar penerima Penghargaan Adipura KLHK. Namun, hal ini menjadi tantangan besar bagi Danny Pomanto ketika ia kembali dilantik sebagai wali kota bersama Wakilnya, Fatmawati Rusdi pada 26 Februari 2021.
Tidak mengenal lelah, Danny Pomanto berkomitmen untuk merebut kembali Penghargaan Adipura KLHK dengan mengaktifkan kembali program-program yang telah sukses di periode pertamanya. Program-program tersebut antara lain adalah Program Bank Sampah, Makassar Tidak Rantasa (MTR), dan Lihat Sampah Ambil (LiSA). Di periode kedua kepemimpinannya, ia juga mengukuhkan 153 Pasukan Penindakan Anti Kotor (Pakandatto) untuk mengawasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.
Dengan kegigihan Danny Pomanto dan seluruh jajaran pemerintah kota, hasilnya pun terlihat. Makassar berhasil meraih Penghargaan Adipura 2023-2024. Meskipun penghargaan yang diraih masih dalam kategori tingkat dasar, Danny Pomanto bersyukur karena kerja keras mereka telah membuahkan hasil yang menggembirakan.
Kepada masyarakat Makassar, Danny Pomanto berterima kasih atas dukungan dan partisipasinya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Ia juga mengajak semua pihak untuk terus bersama-sama menjaga keindahan Kota Makassar demi masa depan yang lebih baik.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *