Tingkatkan Mutu Dalam Bidang Bendungan, BBWS Pompengan Jeneberang Fasilitasi Penyelenggaraan Sertifikasi Keahlian Bendungan

  • Share
foto kegiatan pelatihan Sertifikasi Keahlian Bendungan Besar yang berlangsung di Aula Bili-Bili, BBWS Pompengan Jeneberang Kota Makassar.
SUARA GMBI | Makassar, 8 Maret 2024 – Dalam upaya meningkatkan kemampuan teknis dan pengetahuan di bidang bendungan, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Sertifikasi Keahlian Bendungan Besar Indonesia (LSP SKBB) menggelar kegiatan pelatihan Sertifikasi Keahlian Bendungan Besar. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 4 hingga 6 Maret 2024, di Aula Bili-Bili, BBWS Pompengan Jeneberang Kota Makassar.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam perencanaan, pembangunan, pemeliharaan, dan pengelolaan bendungan besar. Dengan demikian, diharapkan para ahli teknik bendungan di Indonesia dapat memiliki mutu keahlian yang lebih baik serta dapat memainkan peran dan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengembangan bidang bendungan besar.
Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Suryadharma Hasyim, mengungkapkan pentingnya kegiatan sertifikasi ini terutama bagi para ahli teknik bendungan.

Baca juga: Kunjungan Kerja Kadis Ketenagakerjaan Kota Makassar ke Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI

Baca juga: Dinas Pariwisata Kota Makassar Raih Penghargaan SKPD Perencanaan Program Terbaik I Tahun 2024

“Kegiatan sertifikasi ini memberikan peluang kepada kami untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta operasi dan pemeliharaan bendungan besar, termasuk embung. Ini sangat relevan mengingat BBWS Pompengan Jeneberang akan segera melaksanakan Impounding Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar pada bulan Maret ini. Kami berharap semuanya berjalan sesuai rencana,” katanya.
Hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan pembekalan materi terkait Manajemen Keamanan Publik Sekitar Bendungan oleh Dr. Ir. Harry M. Sungguh, MT, serta materi kedua tentang Engineer di Era Revolusi Industri 4.0 yang disampaikan oleh Dr. Ir. Sentot Purboseno. Pada hari yang sama, Anggota Executive Committee Of KNIBB, Dr. Ir. Pitoyo Subandriyo, Dipl. HE, juga melakukan kunjungan lapangan ke pembangunan Bendungan Pamukkulu Kabupaten Takalar.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas tenaga ahli teknik bendungan di Indonesia, serta memajukan pengembangan bidang bendungan besar untuk masa depan yang lebih baik.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *