Walikota Makassar Rancang Kendaraan Metro Kapsul Ramah Lingkungan, Terhubung ke Stadion Sudiang dan Stasium KA

  • Share
Foto walikota Makassar Danny Pomanto merancang kendaraan kapsul ramah lingkungan (sumber,detik.com)
SUARA GMBI | Makassar, 15 Maret 2024 – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, tengah mengembangkan kendaraan metro kapsul berbasis listrik yang ramah lingkungan. Rencananya, moda transportasi publik ini akan terhubung ke stadion di kawasan GOR Sudiang dan menjadi feeder untuk Kereta Api Parepare-Makassar.
Dalam keterangannya kepada wartawan di Balai Kota Makassar pada Rabu (13/3/2024), Danny Pomanto menjelaskan bahwa metro kapsul ini akan terhubung dengan beberapa lokasi strategis di Makassar. Dia berharap wilayah yang dilintasi oleh metro kapsul akan menjadi lebih hidup.
Danny menambahkan bahwa kendaraan metro kapsul ini lebih mudah berakselerasi di jalan-jalan Kota Makassar daripada transportasi publik jenis monorail, terutama di jalan-jalan kecil.

Baca juga: Pemkot Makassar Dukung Film Keluarmain 1994 Karya Sineas Makassar

Dia juga menyatakan bahwa metro kapsul ini akan menjadi transportasi publik di dalam kota yang dapat mengakses banyak tempat dan wilayah, serta menjadi proyek jangka panjang untuk melayani seluruh Kota Makassar.
Danny belum merinci kapan proyek ini akan direalisasikan karena masih dalam tahap konsep pengembangan, namun dia memproyeksikan bahwa proyek tersebut akan melibatkan investor.
“Ini adalah rencana jangka panjang, dan saya akan melibatkan investor untuk menerapkannya,” kata Danny.

Baca juga: Wali Kota Makassar Ajak Masyarakat Matikan Lampu Selama Satu Jam

Danny menutup pernyataannya dengan menjelaskan bahwa metro kapsul ini akan menjadi pilihan yang ekonomis karena ukurannya yang kecil dan biaya pembangunan yang lebih rendah dibandingkan dengan moda transportasi elevated lainnya.
Danny berharap bahwa proyek ini akan segera mendapatkan dukungan dan diimplementasikan untuk meningkatkan konektivitas transportasi di Kota Makassar.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *