Sosialisasi Pelaksanaan Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) Periode 2023-2024 oleh BBWS Pompengan Jeneberang

  • Share
Foto Sosialisasi Pelaksanaan RAAT periode 2023-2024 yang digelar oleh PPK O & P SDA V, Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.
SUARA GMBI, Makassar – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air V (PPK O & P SDA V) telah melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) periode 2023-2024 pada hari Kamis, tanggal 07 Maret 2024 di Aula Bili-Bili.
Kegiatan tersebut diinisiasi sebagai respons terhadap Surat Direktur Jenderal Sumber Daya Air tentang Penetapan Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) serta Petunjuk Pelaksanaan Rencana Alokasi Air Tahunan dan Rencana Alokasi Air Rinci yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan pada tahun 2022.
Pada kesempatan tersebut, PPK O & P SDA V, yang diwakili oleh Aditya Dwijaksana Syarif, S.P., MPSDA, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan acuan dalam penyelenggaraan, pemantauan, dan evaluasi alokasi air di Wilayah Sungai (WS) atau Daerah Aliran Sungai (DAS) terkait. Selain itu, sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan transparansi antar stakeholder terkait pengalokasian air, serta sebagai bentuk akuntabilitas publik bagi instansi yang berwenang dalam penyusunan rencana pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

Baca juga: Dinas Sosial Makassar Jaring Sepuluh Manusia Silver Selama Bulan Ramadan, Wali Kota Danny Pomanto Angkat Suara

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Suryadharma Hasyim, ST.MT., yang menjelaskan bahwa Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) merupakan tahap perencanaan alokasi air dengan interval waktu bulanan, tengah-bulanan, atau 10 harian, yang didasarkan pada data kebutuhan air dan ketersediaan air terbaru dari lapangan.
Dalam sambutannya, Hasyim menegaskan pentingnya pemahaman konsepsi Rencana Alokasi Air Tahunan agar implementasi Rencana Alokasi Air Rinci dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini peserta diharapkan dapat memahami konsepsi Rencana Alokasi Air Tahunan, agar pengimplementasian Rencana Alokasi Air Rinci dapat berjalan sesuai yang diharapkan,”  ucap Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Suryadharma Hasyim, ST.MT

Baca juga: Wali Kota Makassar Pangkas Anggaran Proyek Ducting Sharing untuk Pengembangan Akses Jalan Stadion Sudiang

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 124 peserta, yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah, seperti Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, para Pejabat Struktural, Fungsional, dan Perbendaharaan di lingkup BBWS Pompengan Jeneberang, Koordinator Bendung, serta Pengamat Daerah Irigasi.
Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa peserta dapat memahami dengan baik konsepsi RAAT untuk mendukung implementasi yang efektif dan efisien dalam pengelolaan air di wilayah terkait.
sumber: SISDA
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *