TPP ASN Pemkot Makassar Belum Cair Terkendala Izin Kemendagri

  • Share
SUARA GMBI, Makassar — Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluhkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang belum cair 3 bulan. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan pembayaran TPP terkendala izin Kemendagri.
Tunggakan TPP itu mengemuka dalam rapat koordinasi menjelang Idul Fitri 2024 yang dipimpin Danny di Ruang Rapat Sipakatau Lantai 2 Kantor Balai Kota Makassar pada Rabu (3/4/2024). Danny mulanya bertanya ke forum jika ingin memberi masukan atau tanggapan.
“TPP, Pak,” seru sejumlah peserta rapat. Hal itu itu dijawab serentak oleh sejumlah ASN menjawab pertanyaan Danny.
Danny mengatakan, pencairan TPP sedang diupayakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muh Dakhlan. Danny mengaku sudah mengutus perwakilan BPKAD mengatasi persoalan itu ke Kemendagri.
“TPP? Belum keluar? Belum. Pak Dakhlan lagi berjuang ke sana. Doakan. TPP untuk siapa ini kah?” ucap Danny.
Danny mengatakan, pencairan TPP sedang diupayakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muh Dakhlan. Danny mengaku sudah mengutus perwakilan BPKAD mengatasi persoalan itu ke Kemendagri.
“TPP? Belum keluar? Belum. Pak Dakhlan lagi berjuang ke sana. Doakan. TPP untuk siapa ini kah?” Ucap Danny.
Tiba-tiba Danny mengambil handphone-nya sedang menelepon seseorang. Danny menegaskan hak para ASN Pemkot Makassar khususnya TPP akan dipenuhi.
“Saya coba cek. Saya kira TPP itu hak Anda, dan saya sangat perhatikan itu. TPP ya. Telepon dulu pale anu, supaya enak-enak perasaannya,” tuturnya.
Dia menyebut proses pencairan TPP ASN Pemkot Makassar sisa menunggu izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Danny mengaku dirinya akan memproses hal ini secepatnya.
“Sisa Kemendagri. Doakan. Kurang bagus doamu, makanya itikaf ko baik-baik. Insyaallah, tinggal Kemendagri, Menkeu sudah. Secepatnya (dicairkan), makanya itikaf ko baik-baik. Kasih bagus-bagus doamu,” papar Danny.
Sementara Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra menegaskan TPP ASN Pemkot Makassar memang belum ada pencairan sejak Januari 2024, namun Ia memastikan pembayaran akan dilaksankan secerpatnya.
Firman menegaskan pencairan TPP itu akan dirapel dalam satu kali pembayaran. Namun, Firman tak menyebutkan secara rinci detail TPP yang belum dibayarkan tersebut.
“(TPP) langsung 3 bulan (dicairkan). Iye (dirapel pembayarannya sekaligus),” imbuhnya.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *