Pegawai BBWS Pompengan Jeneberang Rutin Hadiri Kultum Selama Ramadhan

  • Share
SUARAGMBI | Makassar, 4 April 2024 — Di bulan suci Ramadhan, para pegawai Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang menjalankan rutinitas ibadah dengan penuh khidmat. Setelah menunaikan sholat Dhuhur, mereka.kemudian mendengarkan kultum.
Kali ini kultum usai pelaksanaan sholat Dzuhur disampaikan oleh Ustadz M. Riyadi S.Pd., M.Pd. di Masjid Maaussalam Kompleks Perumahan PU BBWS Pompengan Jeneberang.
Ibadah puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus dari subuh hingga maghrib. Lebih dari itu, puasa merupakan latihan untuk mengendalikan nafsu dan hati, sebuah tantangan yang harus dihadapi dengan keteguhan jiwa. Dalam kultumnya, Ustadz M. Riyadi menekankan pentingnya persiapan lahir dan batin untuk menjalani ibadah puasa dengan baik.

Baca juga: Proyek Kabel Bawah Tanah Diundur Hingga 2025, Anggaran Dialihkan Salah Satunya ke Infrastruktur Stadion Sudiang

Ditegaskan dalam kultum tersebut, bahwa manusia diciptakan dengan potensi keinginan baik (takwa) dan keinginan buruk (nafsu atau fujur). Pengendalian nafsu adalah bagian integral dari ibadah puasa, yang jika dilakukan dengan baik, akan melahirkan manusia yang berakhlak mulia.

Baca juga: Kapolres Gowa Merespon Cepat, Temukan Mobil Avanza Veloz DD 1344 MC, Pelaku Mengaku Ditipu..?

Selama bulan Ramadhan, diharapkan setiap orang yang berpuasa mampu mengendalikan diri dan mengelola nafsunya, sehingga yang lahir adalah kebaikan dan akhlak yang mulia. Dengan demikian, ibadah puasa bukan hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Kegiatan rutin ini menjadi bagian integral dari pembinaan spiritual bagi para pegawai BBWS Pompengan Jeneberang, yang senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas diri serta kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *