SUARA GMBI, Bone – Pada tanggal 28 April 2024 Pengurus Komunitas KKG dan KKKS SD Kec. Bengo menggelar pertemuan sebagai lanjutan program pembinaan profesi pendidik dan tenaga kependidikan yang bertempat di SD Negeri 148 Selli Kec. Bengo Kab. Bone sebagai salah satu Pusat Kegiatan Guru di Gugus ini.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Guru dan Kepala Sekolah dari Gugus I, II dan III sebagai peserta KKG dan narasumber yang hadir memberikan materi dan pendampingan yaitu bapak Akib, S.Pd.,M.Pd. ketua KKKS Kec. Bengo, Budi Agam, S.Pd. ketua KKG Gugus 1 Bengo dan Hj. Rosdiana, S.Pd. kepala SD Inpres 5/81 Liliriawang.
Adapun Jenis kegiatan dan materi yang dilaksanakan dalam pertemuan KKG tersebut adalah pembahasan tentang pengembangan kisi-kisi soal asesmen sumatif kelas 1 sampai dengan kelas 6 Tahun 2024 dengan model Sosialisasi, Bimbingan, pendampingan, pemberian tugas, laporan dan diskusi.
Dalam sambutan Ketua KKKS Kecamatan Bengo Akib, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan program kerja kegiatan KKG-KKKS di Gugus SD Kec. Bengo sekaligus tindak lanjut hasil kesepakatan rapat bersama dari unsur pimpinan Dinas Pendidikan, KKPS, dan KKKS Kabupaten Bone, dengan maksud dan tujuannya adalah sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman Guru dan Kepala Sekolah agar pengelolaan kurikulum dalam pembelajaran khususnya pada asesmen sumatif dapat tercapai. Forum diskusi ini adalah wadah dan kesempatan yang terbaik untuk saling berdampingan dan berbagi pengalaman guna melahirkan sebuah rekomendasi dan kesepakatan bersama atas penyelesaian kisi-kisi soal asesmen sumatif 2024. Dan tujuannya adalah agar pelaksanaan kegiatan asesmen sumatif dapat berjalan dengan baik dan efektif, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan laporan sehingga hasilnya bisa menjadi tolok ukur yang akurat dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran khususnya dan mutu pendidikan masing-masing satuan pendidikan pada umumnya.
“Asesmen sumatif sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Dan juga dapat digunakan sebagai umpan balik untuk mengukur perkembangan murid serta memandu guru dalam merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya,” ujar Akib dalam sambutannya.
Akib menambahkan bahwa dalam merumuskan instrumen asesmen agar dapat dikembangkan dan berorientasi penuh pada teknik penilaian yang digunakan oleh guru, dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar memiliki informasi data yang jelas, akurat dan terukur sebagai suatu sistem dalam pencapaian pembelajaran.
Dalam kesempatan itu Kepala SD Inpres 5/81 Liliriawang Hj. Rosdiana, S.Pd. selaku narasumber menyampaikan bahwa dalam penyusunan kisi-kisi soal asesmen ini tetap berpedoman kepada petunjuk dan rambu-rambu yang ada sebagaimana telah dijelaskan oleh masing-masing pemandu atau narasumber supaya muatannya utuh, jelas, dan terpercaya.
“Semua peserta harus bersungguh-sungguh dan komitmen dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing secara tepat waktu tentang penyusunan kisi-kisi soal asesmen ini agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses,” harap Hj. Rosdiana.
Sementara itu Ketua KKG Gugus 2 Bengo Budi Agam, S.Pd. selaku pemandu mata pelajaran menuturkan bahwa sebagai guru wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan dengan pola pembelajaran paradigma baru yaitu menerapkan salah satu prinsip bahwa asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya. Itu adalah gambaran tugas guru yang kreatif, cerdas, dan inovatif dalam menentukan tujuan pembelajaran.
Diakhir sesi pertemuan ini Dahliah, S.Pd. Guru SD Inpres 5/81 Liliriawang sebagai peserta menitipkan pesan yang mendalam bahwa merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pengurus dan Peserta KKG atas adanya pelaksanaan kegiatan ini, karena cukup membantu dan berkontribusi besar terhadap pengembangan komptensi bagi kami selaku guru utamanya mengatasi kesulitan-kesulitan tugas dan pekerjaan kita yang cukup padat khususnya penyusunan kisi-kisi soal asesmen sumatif tahun 2024. Semoga program KKG ini akan lebih maju dan berkembang lagi dimasa mendatang (*). sumardin