Ruas Jalan Tegal Lumbu – Cikatomas Rusak Parah, Warga Hingga Kades Angkat Bicara

  • Share

Suaragmbi.co.id, Lebak – Sejumlah warga di Kabupaten Lebak bagian Selatan khususnya wilayah Kecamatan Cilograng dan Kecamatan Cibeber mengaku sangat kecewa bahkan resah dengan kondisi ruas jalan Tegal lumbu – Cikatomas yang rusak parah. Warga merasa kecewa dengan kondisi ini, sebab hingga saat ini belum ada tindakan dari pemerintah untuk memperbaiki.

Ruas jalan yang membentang dan melintasi beberapa desa itu tidak saja dinilai sebagai jalan alternatif strategis, namun sekaligus menjadi akses vital penghubung antar dua kecamatan yakni Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Cilograng. Namun kondisi ruas jalan tersebut sampai saat ini terkesan luput dari perhatian serius Dinas PUPR atau Pemda Lebak. Jum’at (10/05/2024).

Baca juga : Kejari Bulukumba Bakal Panggil Penadah Pupuk Ilegal Bersubsidi di Takalar

Diketahui, akhir tahun 2023 lalu jalan tersebut direhabilitasi melalui kegiatan penyelengaraan jalan kabupaten/kota, dengan biaya dua milyar lebih, akan tetapi, saat ini kondisinya rusak parah dan memprihatinkan bahkan sering terjadi kecelakaan di ruas jalan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Nendi Somantri Kades Cijengkol kepada wartawan mengatakan, “sudah layak jalan penghubung kedua kecamatan ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, lihatlah keadaannya saat ini rusak parah bahkan terlihat seperti bukan jalan raya,” katanya.

Baca juga : Fantastis! Anggaran Belanja Pakaian 85 Anggota DPRD Sulsel 2024-2029 Capai 3,27 M

“Ini merupakan salah satu akses vital bagi warga di dua kecamatan yakni Kecamatan Cilograng dan Kecamatan Cibeber. Apalagi sebentar lagi RSUD Cilograng yang kebetulan berlokasi di desa kami (Desa Cijengkol_red) akan segera beroperasi, jalan ini akan sangat dibutuhkan oleh warga,” imbuhnya.

Nendi menambahkan, menurutnya, proses perbaikan jalan tersebut harus segera dilakukan dengan maksimal dan jangan sampai terindikasi dijadikan ajang politik oleh pihak yang berkepentingan.

Baca juga : H Apip Saepuloh, Menjadi Harapan Besar Masyarakat Pasirbungur

Terpisah, salah satu warga Kecamatan Cilograng Banyu (35) mengatakan, “kami yakin semua yang bertempat tinggal di Kecamatan Cilograng dan Kecamatan Cibeber, sangat mengharapkan jalan tersebut segera diperbaiki oleh pemerintah secara tuntas dan maksimal,” katanya.

Diakuinya, bahwa kondisi jalan tersebut saat ini sulit dilalui apalagi bila di musim hujan, karena jalannya selain berlobang juga sebagian tertutup tanah, bahkan tak jarang terjadi kecelakaan, akibat kendaraan terperosok di lubang atau tak kuat menanjak karena kondisi jalan licin dan rusak.

Baca juga : Akses Penghubung Dua Desa di Kecamatan Cilograng Butuh Perhatian Khusus dari Pemerintah

“Jadi sebagai warga setempat saya sangat mengharap perhatian dari Pemkab melalui Dinas Terkait maupun Dewan DPRD Lebak memberikan perhatian yang serius, demi pembangunan akses jalan penghubung Kecamatan Cibeber menuju Kecamatan Cilograng ini,” harapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *