Sosialisasi 4 Pilar, Ali Zamroni Mengingatkan Masyarakat untuk Optimis Menjadi yang Bermutu dan Berkualitas

  • Share

Suaragmbi.co.id, Lebak – Anggota dewan komisi X DPR RI Dapil Banten 1 Ali Zamroni melaksanakan kegiatan sosialisasi 4 pilar di Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak-Banten. Kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman tentang kebangsaan. Sabtu (11/5/2024).

Kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman tentang kebangsaan. Sosialisasi empat pilar DPR/MPR RI mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia.(NKRI), Bhinneka Tunggal Ika dan ketetapan MPR.

Baca juga : BBWS Pompengan Jeneberang gelar Sidang TKPSDA Wilayah Sungai Walanae Cenranae

Ali Zamroni Anggota Komisi X DPR RI menegaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi 4 pilar ini harus betul-betul kita resapi dan tetap meneguhkan kecintaan kita terhadap Pancasila dan Indonesia. Jika ada yang ingin merusak kedaulatan, maka wajib hukumnya kita lawan. Cinta tanah air dan bangsa harus tertanam mulai dari pendidikan dasar.

Kegiatan ini dilaksankan di Kabupaten Lebak karena di kabupaten Lebak beberapa daerah sendiri masih diberlakukan PSBB maka demi mendukung Program tersebut kegiatan ini Dilakukan secara terbatas jumlah kehadirannya serta Diberlakukan protokoler kesehatan secara ketat seperti cek suhu tubuh, pemberian Hand Sanitizer, sosial distancing, wajib cuci tangan menggunakan sabun, dan semua peserta wajib menggunakan masker yang telah disiapkan.

Baca juga : Dukung Pembangunan Stadion di GOR Sudiang, Dinas PU Makassar Rencana Bangun Akses Jalan 5 Kilometer

Dalam kesempatan tersebut, Ali Zamroni mengajak masyarakat untuk tidak menjadi pesimis namun justru harus lebih termotivasi menghadapi dinamika yang terjadi di semua sector. Masyarakat harus terus diberikan dorongan semangat agar menjaga rasa nasionalisme demi menciptakan masyarakat yang harmonis dan meningkat mutu masyarakatnya.

“Masyarakat harus tetap memanfaatkan berbagai potensi daerah dengan baik sejalan. Bicara soal mutu masyarakat, hal dasar yang menjadi sangat penting ialah sektor pendidikan. Maka dari itu, IPM kabupaten Lebak dan Pandeglang dapat ditingkatkan dengan baik apabila kesadaran pertumbuhan pendidikan sudah mulai diperkuat dari lingkungan internal yaitu keluarga,” tuturnya.

Baca juga : Ruas Jalan Tegal Lumbu – Cikatomas Rusak Parah, Warga Hingga Kades Angkat Bicara

Melalui sosialisasi 4 pilar ini penguatan akan semangat pendidikan perlu diberikan terlebih kepada orang tua yang secara langsung mendampingi pembelajaran secara Daring. Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Gerindra tersebut juga memaparkan kepada masyarakat bahwa dirinya selaku anggota DPR RI Komisi X yang bermitra kerja langsung dengan Kemendikbud, Kemenpora, Kemenparekraf serta Perpusnas akan terus memantau masyarakat serta menyampaikan program-program apa saja yang akan diberikan.

“Upaya ini menjadi sangat penting bagi kepentingan tumbuh kembang masyarakat kearah yang lebih baik lagi meskipun harus dengan sistem yang serba digital. Penyampaian dalam sosialisasi 4 Pilar ini, bukan hanya menuturkan seberapa pentingnya 4 Pilar Pancasila, karena saya yakin kita semua sudah menyepakati bersama bahwa nilai-nilai Pancasila adalah kunci untuk mempertahankan Nasionalisme,” tuturnya.

Baca juga : H Apip Saepuloh, Menjadi Harapan Besar Masyarakat Pasirbungur

“Maka dari itu, yang diharapkan lebih dari masyarakat adalah terus menumbuhkan kesadaran untuk optimis menjadi masyarakat yang bermutu dan berkualitas baik” Tegasnya.

“Pendidikan jangan sampai menjadi hal yang disepelekan ya bapak dan ibu. Jika anak-anak kita masih memiliki semangat yang tinggi untuk meneruskan sekolah jangan sampai ditahan dan tidak diperbolehkan. Apapun yang menjadi kendala harus dapat diupayakan untuk dihadapi terlebih dahulu. Banyak program beasiswa, KIP, PIP dsb, yang dapat dimanfaatkan. Maka sebagai orang tua harus terus rajin bertanya untuk mencari informasi ke pihak sekolah-sekolah agar anak-anak tidak kehilangan kesempatan untuk tetap melanjutkan pendidikan,” sambungnya.

“Peran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI ini sangatlah besar, sehingga segala apa yang berhubungan dengan kebangsaan harus diperhatikan oleh pemerintah pusat. Kita bersama juga mengetahui bahwa masa depan bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Indonesia,” tutupnya.

Baca juga : Akses Penghubung Dua Desa di Kecamatan Cilograng Butuh Perhatian Khusus dari Pemerintah

Dalam Sosialisasi 4 pilar ini, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bisa memiliki akses dan keadilan yang merata. Khusus di tingkat pendidikan, ia menegaskan akan tetap berusaha meningkatkan skala program pendidikan. Khususnya di kementrian pendidikan akan banyak program untuk perbaikan kebutuhan pendidikan, dan diperlukan adanya kerjasama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk mensupport generasi muda kita agar memperoleh pendidikan.

Editor: Rizky
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *