Metode Cek Fakta

Saat ini kita berada di Era globalisasi ‘Ledakan Informasi’, seiring perkembangan teknologi, informasi dari berbagai sumber memadati internet dan berbagai media sosial, hingga menyeruak masuk ke ruang-ruang privat melalui aplikasi perpesanan. Dan, tak semua informasi tersebut adalah benar.
Salah satu caranya untuk lebih berimbang dan akurat, dengan mengombinasikan hasil reportase jurnalis di lapangan dengan data yang dihimpun Tim Monitoring dan Riset.
Misalnya dengan menambahkan infografis ke dalam artikel, atau dengan kata lain, menguji klaim dengan data yang valid.
PT.Bidik Nasional Media Group menyajikan artikel verifikasi atas klaim-klaim tertentu secara lebih sistematis dan terstruktur.
 
Cek Fakta PT.Bidik Nasional Media Group tidak hanya berupaya mengklarifikasi klaim-klaim yang beredar di tengah masyarakat maupun yang viral di media sosial, tapi juga memberikan literasi pada para pembaca terkait bagaimana cara mengecek kebenaran sebuah berita atau unggahan secara mandiri.
PT.Bidik Nasional Media Group menyadari bahwa perang melawan hoaks tidak bisa dilakukan sendiri oleh para jurnalis. Kami meyakini, dengan memberikan literasi pada masyarakat luas, melalui artikel maupun pelatihan secara langsung, perang melawan kabar dusta bisa dilakukan secara masif dan lebih efektif.
Pada prinsipnya Cek Fakta dilakukan dengan metodologi berikut ini:
Riset dilakukan dengan berbagai metodologi berikut ini:

      • Memeriksa sumber atau asal-usul klaim. Sebagai salah satu patner Facebook di Indonesia, PT.Bidik Nasional Media Group mengakses ke dashboard khusus untuk memantau berita apa yang sedang viral di media sosial tersebut.
      • Jika sumber berita berasal dari media sosial, tim akan mengecek akun tersebut (apakah terverifikasi, bagaimana konsistensinya).
      • Melakukan pengecekan klaim tersebut dengan membandingkannya dengan pemberitaan media arus utama (mainstream media), situs-situs resmi lembaga terkait, atau akun-akun media sosial resmi lembaga atau tokoh terkait.
      • Melakukan konfirmasi secara langsung kepada tokoh atau perwakilan lembaga terkait, juga pada pihak berwenang.
      • Menghubungi ahli untuk membantu menafsirkan data atau konteks permasalahan
      • Tidak menggunakan sumber anonim dalam upaya pembuktian atau verifikasi.
      • Menggunakan sejumlah alat yang tersedia di internet. Misalnya Google Reverse Images untuk menguji keaslian gambar, dan MapChecking untuk menguji klaim soal kepadatan manusia di lokasi dan tertentu.
      • Format Artikel Cek Fakta

Artikel verifikasi dalam Kanal Cek Fakta PT.Bidik Nasional Media Group disajikan dalam format berikut ini:

      • Klaim: Bagian pertama dalam artikel akan membahas sumber klaim dan narasi yang diungkapkan pembuat klaim.
      • Penelusuran Fakta: Bagian kedua dalam artikel berupaya membandingkan klaim tertentu dengan bukti-bukti yang ditemukan, maupun konfirmasi dari pihak terkait/berwenang. Cek Fakta PT.Bidik Nasional Media Group berupaya memberikan literasi pada pembaca dengan cara menautkan artikel ke situs/akun media sosial resmi yang dijadikan bukti.Dalam artikel, Cek Fakta PT.Bidik Nasional Media Group juga memuat cara-cara menggunakan sejumlah tools atau alat yang tersedia di internet, yang bisa digunakan untuk memverifikasi klaim tertentu. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan literasi bagi para pembaca untuk melawan hoaks.
      • Kesimpulan Klaim Setelah proses verifikasi dilakukan, dengan menyertakan bukti-bukti pendukung, tim Kanal Cek Fakta akan memberikan kesimpulan terkait klaim yang diperiksa.Ada lima kategori penilaian yang kami gunakan:
        BENAR: Klaim terbukti akurat, didukung sejumlah bukti yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
        KLARIFIKASI: Berisi klarifikasi pihak terkait atas klaim tertentu.
        DISINFORMASI: Klaim didasarkan fakta atau data yang benar, namun disertai narasi yang keliru atau menyesatkan.
        SALAH: Klaim tidak didasarkan pada bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.
        HOAKS: Sama sekali tak didasarkan pada bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan, klaim terindikasi sengaja diembuskan pihak-pihak tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

 
Tim Cek Fakta
PT.Bidik Nasional Media Group beranggotakan tujuh orang, yang merupakan gabungan dari individu-individu yang memiliki latar belakang riset, olah data, dan jurnalis berikut ini:
Kerja Sama
PT.Bidik Nasional Media Group membuka diri untuk bekerja sama dengan semua pihak yang memiliki komitmen untuk memerangi hoaks dan kabar dusta di tengah masyarakat.
PT.Bidik Nasional Media Group juga mengajak partisipasi masyarakat untuk menginformasikan berita-berita yang kebenarannya diragukan dengan mengirimkan email ke bidiknasional99.sulsel@gmail.com
Informasi yang masuk akan dikaji terlebih dahulu apakah layak untuk ditayangkan atau tidak. Tim Cek Fakta yang akan melakukan prosedur fact-check. Informasi dari pembaca yang layak tayang adalah yang menyangkut kepentingan publik.