Kapolri Pastikan Seluruh Penumpang Kecelakaan Heli di Jambi Selamat

  • Share
Caption: Foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo
SUARAĢMBI | MAKASSAR – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan proses evakuasi terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mengalami  musibah telah berlangsung. Listyo Sigit menyatakan telah memerintahkan dua helikopter untuk melakukan evakuasi terhadap para korban.
“Saat ini kami telah mengirimkan tim untuk mengevakuasi. Lebih dari dua helikopter yang langsung kami berangkatkan, dan kemudian juga tim dari Brimob dan tim SAR,” kata Kapolri Sigit saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad, 19 Februari 2023.
Sebelumnya, helikopter yang membawa Irjen Rusdi Hartono dan jajarannya harus mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci pada siang tadi.
Helikopter itu berangkat dari Bandara Sultan Thaha, Kota Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo, Kabupaten Kerinci pada pukul 09.25 WIB. Kapolda Jambi beserta rombongan terbang ke lokasi tersebut untuk meresmikan Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kerinci.
Listyo Sigit Prabowo memastikan delapan orang yang berada dalam helikopter itu selamat. Meskipun ada sejumlah orang yang terluka, menurut dia, mereka masih dapat berkomunikasi.
Evakuasi dibantu masyarakat sekitar dan kelompok pecinta alam.
Selain dari kepolisian, Kapolri menuturkan evakuasi juga dibantu oleh masyarakat sekitar dan pecinta alam untuk membantu ke titik pendaratan darurat. Sigit menjelaskan saat ini tim sudah berada di sekitar kurang dari tiga kilometer dari lokasi helikopter.
“Namun karena memang wilayahnya perbukitan sehingga kita membutuhkan waktu,” ujar Sigit.
Terkait skema evakuasi, tim akan meninjau terlebih dahulu medan sekitar. Apabila memungkinkan, evakuasi akan dilakukan dengan helikopter. Namun apabila tidak, akan menggunakan melalui jalur darat terlebih dahulu, baru kemudian evakuasi helikopter dilakukan di titik lain di mana helikopter penyelamat bisa melakukan pengangkatan.
“Karena kondisi lapangan yang kita sesuaikan dan tentunya nanti pada helikopter bisa melakukan pengangkatan di titik yang sesuai, kita akan melakuakn evakuasi ke rumah sakit terdekat,” kata Sigit.
Helikopter dengan nomor Registrasi P-3001 itu mengalami musibah karena harus mendarat darurat akibat cuaca buruk pada pukul 11.02 WIB.  Posko Polda Jambi mendapat laporan dari kru bahwa Helikopter Bell 412 SP itu diperkirakan berada di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63”, tepatnya di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi.
Untuk kru dan penumpang yang ada di dalam helikopter itu AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Komisaris Besar Andri Ananta, Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi, Kombes Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Komisaris A Yani Jambi dan seorang aide-de-camp atau ajudan Kapolda Jambi.
Sumber: tempo.co
  • Share