Ribuan Warga Hadiri Panen Raya Digelar Pemdes Lantang Takalar

  • Share

SUARAGMBI.CO.ID | TAKALAR,- Pesta panen Raya yang digelar oleh warga Desa Lantang yang  oleh masyarakat lokal dikenal dengan istilah  A’lammang berlangsung sukses dan meriah serta dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jum’at 26 Mei 2023.

Tradisi A’lammang oleh penduduk di Desa Lantang dan Kalelantang Kabupaten Takalar telah menjadi kebiasaan turun temurun yang telah ada sejak jaman nenek moyang mereka sampai sekarang ini.

Tradisi A’lammang digelar sebagai tanda syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat dan karunia yang mereka dapatkan.

Tradisi ini dirayakan setiap setelah selesai masa panen padi. Pada acara kali ini ada yang berbeda dengan acara tahun-tahun sebelumnya karena dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian RI H.Syarul Yasin Limpo beserta rombongan.

Rombongan Menteri Pertanian disambut langsung oleh  Asisten Andi Rijal Mustamin MM sebagai perwakilan dari PJ Bupati Kabupaten Takalar yang tidak sempat hadir karena bertepatan dengan agenda yang lain. Selain itu dalam penyambutan Menteri Syahrul, turut hadir juga Kadis Pertanian Takalar Abdul Haris dg. Kulle beserta  Camat Polongbangkeng Selatan, serta Kepala Desa Lantang dan Kepala Desa Kalelantang.

Kehadiran Menteri Pertanian dalam pesta adat A’lammang di Desa Lantang dan Desa Kalelanteng, Kecamatan Polongbangken Selatan Kabupaten Takalar m rasa kebanggaan masyarakat tersendiri.

Demi keamanan dan tertibnya acara, maka kegiatan ini dikawal oleh beberapa personil gabungan TNI dan Polri di Kabupaten Takalar, hadir juga Kapolsek Polongbangkeng Selatan, Binmas dan Babinsa di Desa Lantang dan Desa Kalelantang.

Antusias masyarakat dalam merayakan acara A’lammang ini nampak terlihat dengan banyaknya warga yang hadir di acara itu. Diperkirakan sedikitnya terdapat lebih dari 1000 warga yang ikut serta menyaksikan acara A’lammang, baik warga yang berasal dari dari desa Lantang dan Kalelantang maupun dari luar daerah, mereka berkunjung hanya untuk menyaksikan acara panen raya (A’lammang) yang ada di kedua desa ini.

Dalam acara panen raya itu, selain acara A’lammang acara juga dirangkaikan dengan beberapa acara adat lainnya yang dkemas kedalam pesta rakyat seperti mappasorong, menyanyi, marian adat daerah, dan angngaru.

Dalam kesempatan itu Menteri Pertanian menyampakan kepada warga yang hadir bahwa “saya bangga kepada para petani yang ada di Desa ini, karena keberhasilan dan hasil panen dengan kualitas padi yang bermutu dan saya yakin kedepannya pertanian yang ada di Takalar akan meningkat dan berkembang karena sebentar lagi bendungan pamukkulu akan difungsikan,” ujar menteri Syahrul.

Dalam kunjungannya, Menteri Pertanian juga menjanjikan bantuan  kepada para petani berupa alat-alat pertanian berupa pompa air, bibit padi dan jagung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  yang berkunjung juga secara langsung terjun ke areal persawahan warga yang ada di Desa Kalelantang serta ikut merasakan langsung menanam padi bersama rombongan dan para petani.

Pada kesempatan itu Kepala Desa kalelantang Syafaruddin Daeng Kulle sekaligus ikut menyampaikan kesan dan rasa terimakasihya kepada beberapa awak media yang sempat hadir saat itu.

“saya merasa senang dan bangga dengan kehadiran Bapak Menteri Pertanian RI.Syarul Yasin Limpo SH.,M,SI,MH. beserta rombongannya sebagai tamu kehormatan di Desa kami,” ucap Syafaruddin.

“Saya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pak Asisten , Pak Kadis Pertanian dan Pak Camat Pol-sel. Semoga kehadiran Bapak-bapak di Desa kami membawah berkah dan semangat para petani kami. Sehingga kedepannya hasil pertanian kami lebih baik dari yang sekarang. Amin Ya Rabbal Alamin,” ujarnya penuh harap.(*)

  • Share