Apel Kesiapsiagaan Bencana; Kerahkan Tim BBWS-PJ, Siap Hadapi Kemungkinan Bencana

  • Share
Caption: Foto saat Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Serbaguna Kalaena Baddoka Makassar
SUARAGMBI Makassar, 2 Desember 2023 – Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) telah mengambil langkah proaktif dalam menghadapi bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2023. Dengan 14 kejadian banjir terbanyak terjadi pada bulan Februari 2023, yang melanda 77 Desa/Kelurahan, BBWS-PJ telah mengerahkan tenaga dan sumber daya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana, terutama di Kabupaten Maros, Barru, Pangkep dan Kota Makassar.
Caption: Apel Kesiapsiagaan bencana yang diselenggarakan Ditjen SDA BBWS Pompengan Jeneberang
Sebagai bagian dari upaya ini, BBWS-PJ telah melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Serbaguna Kalaena Baddoka Makassar pada tanggal 1 Desember 2023. Acara ini dihadiri oleh BMKG Wilayah 4 Makassar, Tim Satgas Bencana BPBD Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten/Kota, serta Dandim Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Maros.
Caption: Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Serbaguna Kalaena Baddoka Makassar
Ketua tim satgas penanggulangan bencana, Nalvian, S.ST., MT, mengingatkan kepada seluruh unit/bidang, seluruh pejabat/pegawai BBWS Pompengan Jeneberang untuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan bencana yang terjadi serta kesiap siagaannya dalam menindaklanjuti bencana yang terjadi. Ia juga menekankan pentingnya para petugas posko siaga bencana untuk tetap siaga melaporkan kejadian bencana yang terjadi selama 24 jam.

Baca juga: Berita Terkini: FGD Kegiatan RHL P0 Pola Agroforetsri dan UPSA 2023 oleh BPDAS Jeneberang Saddang

Caption: Foto kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Serbaguna Kalaena Baddoka Makassar, (1/12/2023)

Nalvian juga berharap agar dilaporkan jenis maupun jumlah peralatan dan bahan banjiran yang telah disiapkan untuk menghadapi kemungkinan bencana. Peralatan tersebut meliputi alat berat excavator, Dump Truck, truck trailer/tronton, Truck Tangki, truck crane, pompa Alkon, Amphibi truxor, pompa banjir mobile, speed boat, stamper, kompressor, genset, dan mesin bor sumur. Adapun bahan banjiran yakni kawat bronjong, karung sandbag woven, karung geobag, dan bekistikng geobox.(Sisda)
  • Share