Tinjau Pembangunan Smelter di Luwu, JK Pastikan 70 Persen Pekerjakan Warga Lokal

  • Share
Caption: Foto saat mantan Wapres Jusuf Kalla meninjau pembangunan smelter PT BMS di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulsel.
SUARAGMBI.CO.ID | Makassar –Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla melakukan kunjungan ke Site PT Bumi Mineral Sulawesi (PT BMS) guna meninjau langsung proyek pembangunan smelter di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Rabu (22/02/2023).
Selain itu kedatangan Jusuf Kalla yang akrab disapa pak JK di Kabupaten Luwu guna memastikan agar perekrutan tenaga kerja betul-betul memprioritaskan masyarakat lokal yang telah dilatih dan dibekali dengan keterampilan dan keahlian.
“Tenaga kerja di perusahaan ini sudah hampir mencapai 1000 orang dan mayoritas sekitar 70 % merupakan masyarakat lokal,” ucapnya.
“Meski ada orang asing tapi jumlahnya sangat kecil yaitu sekitar 24 orang, yang bertugas untuk memasang atau instalasi peralatan yang perusahaan beli,” ungkap JK menambahkan.
Dalam kunjungannya, Jusuf Kalla yang didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Luwu sekaligus melakukan peninjauan pabrik dan terminal khusus yang melewati akses hauling PT BMS.
“Target perusahaan, akhir tahun ini jetty atau terminal khusus perusahaan sudah rampung dan perusahaan sudah bisa produksi dan menghasilkan ferro nikel dan nikel sulfat,” Beber Jusuf Kalla.
Bupati Luwu Basmin Mattayang, mengungkapkan bahwa sejauh ini Pemda Luwu telah membentuk Satgas Percepatan Investasi untuk memperlancar pembangunan semua perusahaan di Luwu.
“Tidak boleh ada pihak yang menghambat investasi sebagaimana amanah Presiden. Selaku Kepala Daerah pemegang mandat masyarakat, harapannya dengan keberadaan PT. BMS mampu mendukung kesejahteraan masyarakat. Pemda Luwu akan membuat pelatihan skill kepada calon tenaga kerja yang ingin bekerja di PT BMS, begitu juga dalam perekrutannya nanti melalui Disnaker Kabupatrn Luwu”, ujarnya.
Sementara itu Kapolres Luwu AKBP Arisandi, mengatakan bahwa PT BMS sudah berkomitmen untuk membangun daerah Luwu yang secara otomatis akan memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat.
“Saya yakin taraf kehidupan masyarakat akan meningkat dan pengangguran akan berkurang sehingga kejahatan-kejahatan dengan motif ekonomi seperti pencurian semoga juga akan turun. Oleh karena itu mari kita dukung dan amankan investasi yang ada di wilayah kita,” ujar AKBP Arisandi.
Turut mendampingi kunjungan pak JK, yaitu Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. Apriadi Nidjo, Site Manager PT. BMS Zulkarnaen, Kadisnaker Saiful Abdul Latif, Kepala Bappelitbangda Moh. Arsal Arsyad, Kepala Bapenda Andi Palanggi, serta Camat Bua H. Satti A. Latif. (*)
  • Share