Kunjungi Luwu Raya, DPWT LSM GMBI Sulsel Ajak Pengurus Daerah Untuk Setia, Patuh dan Loyal ke Pimpinan

  • Share
Caption: Foto bersama DPWT LSM GMBI Sulsel bersama para pengurus LSM GMBI tingkat Distrik (kabupaten/kota) se Luwu raya.
SUARAGMBI, Makassar — Dewan Pimpinan Wilayah Teritorial (DPWT) Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Sulawesi Selatan melaksanakan kunjungan organisasi dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap kepengurusan struktural LSM GMBI di tingkat Kabupaten se Sulawesi Selatan. Rombongan ini dipimpin oleh Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel, Drs. Sadikin S, serta beberapa Kepala Divisi lainnya diantarnya Bachtiar Suyuti selaku Kadiv PAM sekaligus Komandan Pasus 01 Sulsel, Syarif SE selaku kadiv Litigasi, Syamsir selaku anggota. Turut mendampingi Ketua GMBI Distrik Bone Darwis Bundu.
Pada hari pertama kunjungan, yaitu pada Sabtu, 21 Oktober 2023, rombongan Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel mengunjungi markas komando LSM GMBI Distrik Luwu. Di sana, Ketua GMBI Sulsel berkumpul dengan beberapa Ketua Distrik se Luwu Raya.
Dalam pertemuan ini, Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel menekankan pentingnya pengurus di tingkat Kabupaten untuk memiliki Surat Keputusan resmi dari Dewan Pimpinan Pusat LSM GMBI sebagai legalitas yang wajib dimiliki oleh setiap jajaran kepengurusan dalam organisasi LSM GMBI.
Caption; Foto pengurus LSM GMBI di Sulsel saat melakukan rapat Koordinasi internal organisasi LSM GMBI.
Dalam lawatannya tersebut, selain Ketua Distrik Luwu turut hadir beberapa pimpinan LSM GMBI se Luwu Raya diantaranya Ketua Distrik Palopo, Ketua Distrik Luwu Utara, DPD Luwu Timur dan beberapa jajaran pengurus struktural. Dalam sambutan, Ketua LSM GMBI Wilter Sulsel, Drs Sadikin, S mengharapkan setiap jajaran kepengurusan LSM GMBI ditingkat Distrik se Sulsel untuk selalu taat dan patuh terhadap pimpinan, baik pimpinan ditingkat DPP maupun ditingkat Wilter serta mempersiapkan segala sesuatu untuk mendapatkan SK dari DPP LSM GMBI di Bandung, Jawa Barat.
“Organisasi kita menganut sistem satu komando, wajib bagi kita para aktivis GMBI tunduk dan patuh terhadap Ketua Umum sekaligus pendiri LSM GMBI serta pimpinan LSM GMBI di DPP. Kami selaku pimpinan Wilter Sulsel sebagai perpanjangan tangan dari Ketua Umum dan DPP berharap para pengurus tingkat Distrik untuk segera mempersiapkan segala sesuatu agar mendapatkan SK langsung dari DPP,” ujar Sadikin saat memberi sambutan dalam pertemuan di Markas Komando LSM GMBI Distrik Luwu.

BACA JUGA: Lakukan Evaluasi Kinerja P3A di Bone, Tim Penilai Bersama BBWS PJ  disambut hangat Pj Bupati Bone

Sementara Ketua Distrik Luwu, A.Wahab Nasir Sappo dalam keterangan melalui siaran pers mengatakan akan selalu tunduk dan patuh terhadap instruksi dari pimpinan baik ditingkat pusat maupun tingkat wilter.
“Kami para pengurus ditingkat Distrik beserta jajaran menyatakan akan setia dan tunduk serta loyal terhadap pimpinan kami di DPP sampai ke tingkat Wilter, Insya Allah kami akan berusaha maksimal agar apa yang menjadi arahan Bapak Ketua Wilter dapat segera kami laksanakan terutama mengenai usaha kami agar segera mendapatkan SK dari DPP, kami akan usahakan itu, mohon doanya agar semua bisa terlaksana dengan segera,” ujar Andi Wahab.
Caption: Foto Rakor LSM GMBI di Sulsel
Hal senada disampaikan Ketua LSM GMBI Distrik Kota Palopo, Supriadi yang turut hadir dalam kunjungan DPWT LSM GMBI Sulsel di bumi Sawerigading. Ia berkomitmen untuk setia serta tunduk dan patuh terhadap pimpinan.
“Siap satu komando, kami akan patuh dan taat terhadap instruksi pimpinan. Saat ini kami terus berusaha menata berbagai hal untuk kelancaran roda organisasi, semua kami persiapkan dan akan kami usahakan termasuk untuk mendapatkan SK, yang pastinya semua harus ada perencanaan awal mengingat jarak juga dan biaya yang harus kita persiapkan kesana, jadi memang dipersiapkan dulu secara matang, Intinya kami tetap berusaha maksimal agar itu bisa terwujud,” tutur Supriadi.

BACA JUGA: Terdakwa Korupsi Satpol PP Makassar di Vonis Bebas, Ketua LSM GMBI Sulsel Desak APH Ambil Langkah Tepat dan Cepat

Sementara Ketua Distrik Luwu Utara Sukardi yang hadir bersama beberapa jajaran pengurus mengaku bangga dan menyampaikan apresiasi kepada DPWT LSM GMBI Sulsel yang telah datang secara langsung di Luwu Raya untuk memberikan pemahaman terkait kelembagaan di tingkat Distrik.
“Terimakasih dan selamat datang kepada Bapak Ketua Wilter dan rombongan yang telah menyempatkan waktu dari Makassar mengunjungi kami semua khusunya di Luwu Raya ini, kami akan berusaha agar apa yang menjadi arahan Bapak Ketua Wilter dapat segera kami laksanakan,” ucap Sukardi menutup.
Caption: Foto Rapat bersama pengurus LSM GMBI se Luwu Raya.
Untuk diketahui LSM GMBI adalah adalah sebuah organisasi masyarakat (ormas) yang terdaftar dalam pemerintahan. GMBI merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang didirikan pada 2002 oleh M Fauzan Rachman. Hingga saat ini, Fauzan Rachman masih menjadi ketua umum GMBI, yang memiliki kantor pusat di Kota Bandung, Jawa Barat.
Salah satu alasan GMBI didirikan adalah karena belum adanya kepastian hukum yang jelas, terutama bagi rakyat yang tidak memiliki kekuatan dalam politik, keuangan, dan jaringan, sehingga mereka dapat dengan mudah ditindas.
Oleh karena itu, sebagai LSM yang bergerak di bidang sosial, GMBI ingin membantu siapa saja yang tertindas kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak pada masyarakat.
Editor: Daenk Late
  • Share