Mengenal Lebih Dekat Badik Lampung Atau Sering Di Sebut Badik Pager Dewa

  • Share

SUARA GMBI|LAMPUNG TENGAH,LAMPUNG-Berbicara tentang suku Lampung yang bermukim di wilayah pulau sumatra Provinsi Lampung maka tak terlepas dari senjata khas yang disebut dengan badik oleh warga setempat. Badik sendiri memiliki beragam bentuk begitu pun dengan badik Pager Dewa yang memiliki ciri tersendiri.

Terlepas dari bentuk secara fisik, Badik bagi masyarakat setempat juga memiliki masing-masing kekuatan tersendiri berdasarkan guratan pada besi yang disebut pamoro yang terdapat pada senjata khas tersebut.

 

Badik Pager dewa sendiri terdiri dai berapa jenis dan ditempa atau dibuat oleh dua empu ya itu empu Tubagus koeneng dan anak nya tu bagus buang yang bergelar (PENGERAN PAPAK),nama badik Pager Dewa ini Berdasarkan tempat dimana badik ini ditempa atau di buat.

Menurut salah satu pencinta pusaka lampung Bapak Mediyan Septiawan pada Jum’at(18/02/2022) di kediyaman beliyaw kampung Gunung Agung kec.terusan nunyai kab.Lampung Tengah. ,”konon cerita yang tersirat atau tidak tertulis badik Pager dewa yang di tempa oleh Ratu bagus koeneng itu ada ciri khas yaitu bilah yang ada cap jari yang konon kata nya Badik itu di pijet dengan jari empu sendiri dan badik yang di buat oleh empu Ratu Bagus Buang tampak menonjol kan serat kerena konon kata nya beliyaw banyak membuat Badik dengan di tempa salah satu badik beliyaw ada lah yang bernama Badik Pangeran Papak,”Tarang nya

Lanjut beliyaw ,”Konon badik Pager dewa dikenal dengan badik untuk peredam atau pendingin kerena badik Pager dewa banyak kali di pakai oleh orang-orang yang bermartabat tinggi dan badik pager dewa juga selepel dengan keris.

Sementara badik zaman sekarang yang ditempa oleh pandai besi berbahan dasar besi. Meski demikian, setiap penempa besi masih sangat merahasiakan ramuan yang mereka larutkan saat menempa besi untuk dibuat badik.tutupnya

Writer: MEDIYANEditor: MEDIYAN
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.