Astra Agro Raih ESG Award 2020

  • Share

BN Online, Pasangkayu–Kepedulian pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik menjadi perhatian serius bagi PT Astra Agro Lestari Tbk. Dalam acara bertema “Environment, Social, Governance (ESG) Awards 2020”, perusahaan perkebunan kelapa sawit ini dianugerahi penghargaan.
“Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi ini,” kata Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tbk, Tofan Mahdi. Sebagai perusahaan yang mempunyai visi sejahtera bersama bangsa, faktor yang dinilai melalui ESG Award 2020, menurutnya, memang sudah merupakan bagian penting dalam pengoperasioan perusahaan.
Astra Agro dinobatkan sebagai pemenang pada 4 kategori. Keempat kategori tersebut yaitu, Peringkat Keterbukaan ESG emiten Sektor Pertanian dan Peternakan Terbaik; Peringkat Keterbukaan Environmental Emiten Sektor Pertanian dan Peternakan Terbaik; Peringkat Keterbukaan Social Emiten Sektor Pertanian dan Peternakan Terbaik; serta Peringkat Keterbukaan Governance Emiten Sektor Pertanian dan Peternakan Terbaik.
Bumi Global Karbon Foundation yang merupakan anggota Global Reporting Initiative (GRI), Task Force of Climate-related Financial Disclosure (TCFD) dan partner silver dari Carbon Disclosure Project (CDP) bekerja sama dengan grup media Berita Satu menggagas event tersebut. Mereka berharap agar penyelenggaraan ESG Award mendorong perusahaan semakin peduli pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.
“Kita mengapresiasi perusahaan yang memiliki concern pada isu ESG, yang sudah merupakan isu global,” ujar Pendiri Bumi Global Karbon Foundation Achmad Deni Daruri pada keterangan pers yang disebarkan setelah acara penghargaan secara virtual, 18 November 2020.
Penyelenggara melakukan penilaian yang beberapa poin diantaranya memeriksa sejauh mana transparansi ESG telah perusahaan lakukan. Evaluasi terhadap pengungkapan ESG perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan. Terdapat 38 perusahaan yang meraih penghargaan dalam keterbukaan pengungkapan ESG.
Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holding, Primus Dorimulu, pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa ESG merupakan isu penting yang perlu diperhatikan perusahaan demi keberlanjutan perusahaan dan keberlangsungan hidup di dunia. “Kepedulian pada ESG merupakan ciri perusahaan modern,” kata Primus.(E. Syam/*)
 
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *