Disdik Makassar Siapkan 3.000 Beasiswa Bagi Anak Putus Sekolah

  • Share
Caption: Foto Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar

SUARA GMBI | MAKASSAR,- Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan terus berupaya melakukan berbagai langkah dan kebijakan, guna menekan angka anak putus sekolah di Kota Makassar, salah satunya dengan menyiapkan beasiswa lorong bagi pelajar yang ada di Kota Makassar.

Menurut data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, sebanyak 1.400 anak dilaporkan putus sekolah. Data tersebut berdasarkan data yang dihimpun oleh Laskar Pelangi.

Baca Juga: BNPB Beri Bantuan Korban Bencana Hidrometereologi di Sulsel

“1.770 lebih itu yang didata sama laskar pelangi, yang didata itu anak putus sekolah dan anak tidak sekolah,” ungkap Kepala  Dinas Pendidikan Muhyiddin dari laman Pemkot Makassar.

Baca Juga: Tegas !! Instruksi Gubernur ke Seluruh Disdik di Sulsel, Kadisdik Sulsel Angkat Bicara

Menanggapi hal tersebut, Disdik Kota Makassar pun menyiapkan sebanyak 3.000 beasiswa lorong di tahun 2023 ini. Jumlah itu bertambah dibanding pada 2022 lalu yang hanya mencapai target 200 beasiswa.

Kepala Disdik Makassar Muhyiddin mengungkapkan bahwa beasiswa tersebut merupakan usaha Pemkot Makassar dalam menekan angka anak putus sekolah.

“Jadi jumlahnya ada 2.000 dari Pemkot, kemudian sebanyak 1.000 dari BAZNAS,” ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Instruksikan Disdik Perketat Pengawasan Siswa di Sekolah

Untuk memaksimalkan pendataan, pihaknya juga mengaku saat ini lurah dan RT/RW, telah membantu untuk melakukan pendataan ke masyarakat.

“Karena mereka yang tau pasti berapa anak putus sekolah di lingkungannya,” ucap Muhyiddin.

Nantinya sumber dana yang akan digunakan antara lain dari APBD Pemerintah Kota Makassar dan juga terus diupayakan dari dana CSR usaha komunikasi, perbankan hingga BUMN.

Baca Juga: BAZNAS Buka Lowongan Kerja, Cek Syarat dan Posisi, Anda Tertarik? Buka Link Pendaftaran Dibawah

“Tapi ini butuh data dulu, kalau ada dataku baru bisa saya kasih, memang kan tujuannya begitu,” terangnya.

Muhyiddin menegaskan, calon penerima beasiswa ini terlebih dahulu akan diverifikasi data-datanya serta akan diseleksi dengan baik dan tidak asal masuk.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *