Pentingnya Mendapatkan Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda Indonesia

  • Share

Suaragmbi.co.id – Begitu banyak kasus pelanggaran HAM yang terjadi di negara kita dan banyak kasus korupsi merupakan problema problema yang sering terjadi kasusunya di Indonesia.

Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran penuh akan kewajiban terhadap bangsa dan negara. Untuk itu dibutuhkan penanaman nilai nilai pancasila untuk generasi penerus sebagai pegangan untuk menghindari problema problema bangsa yang telah ada di indonesia tersebut, salah satunya adalah pendidikan kewarganegaraan bagi Generasi Muda Indonesia.

Apa itu Pendidikan Kewarganegaraan?

Pendidikan kewarganegaraan atau civic education merupakan sebuah edukasi yang diajarkan kepada anak anak bangsa ketika duduk di bangku pendidikan supaya menjadi warga negara yang sadar dengan tanggung jawab dengan hak dan kewajibannya serta memiliki kepribadian yang sesuai dengan nilai — nilai pancasila.

Pendidikan kewarganegaraan mulai muncul sejak masa Kepresidenan Ir. Soekarno yaitu sejak tahun 1901 hingga 1970. Menurut Ko Swaw Sik kewarganegaraan adalah ikatan hukum diantara negara — negara beserta warga negaranya yang menjadi suatu kontrak politik (hukum, tata negara dan kedaulatan) yang diakui masyarakat dunia. Kewarganegaraan dalam pengertian ini merupakan bagian dalam konsep kewargaan (citizenship).

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, Pada dasarnya tujuan dari pendidikan kewarganegaraan diantaranya adalah untuk menanamkan rasa persamaan, Menumbuhkan sikap toleransi, menghormati hak orang lain, dan Memiliki tanggung jawab dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara

Bagaimana jadinya apabila generasi muda tidak diberikan pendidikan kewarganegaraan ?

Tentu saja bangsa tidak akan tahu bagaimana berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat yang baik dan sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan sendiri mengajarkan untuk tidak melanggar hak dan kewajiban diri sendiri atauapun hak dan kewajiban orang lain serta untuk saling menghormati satu sama lain. Bangsa Indonesia terdiri dari berragam agama, suku dan budaya dimana sikap toleransi antar sesama sangat dibutuhkan agar dapat menjaga  keutuhannya. Maka penanaman pendidikan kewarganegaran pada diri generasi muda bangsa sangat penting.

Pendidikan kewarganegaraan akan sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian generasi penerus bangsa yang selalu menjunjung tinggi kebersamaan dalam perbedaan yang ada. Begitu juga pada pendidikan tingkat tinggi, pendidikan kewarganegarran tidak bisa ditiadakan supaya generasi bangsa senantiasa mengingat akan kesadaran dan apa tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik.

Apa yang bisa kita peroleh setelah mendapatkan Pendidikan Kewarganegaraan?
Paham dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, Memotivasi untuk memiliki sifat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, Memunculkan kesadaran dalam upaya bela negara, dan Mengetahui apa saja hukum-hukum Hak Asasi Manusia yang berlaku.

Nama : Akhmad Rizky Apriana

Jurusan : Fakultas Hukum (UNIVERSITAS PAMULANG – PSDKU SERANG) 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *