Kelompok Tani Beringin Jaya di Desa Sama Enre Mendukung pengembangan Tanaman Sukun di kabupaten Bone

  • Share

SuaraGmbi. Co.Id, Bone,- Dalam rangka mendukung program Pemerintah terkait pengembangan tanaman sukun serta mengembalikan kejayaan sukun Bone dalam mendukung ketahanan pangan nasional, Kelompok tani Beringin Jaya di Desa Sama Enre Kecamatan Bengo Kabupaten Bone, selaku kelompok yg selama ini mengembangkan tanaman sukun, di mana kelompok tersebut telah mendapatkan Sertifikat Kompetensi penangkaran tanaman sukun dari Balai Sertifikasi benih tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan.
Kelompok penangkaran tersebut memproduksi bibit Sukun dan telah disebar di berbagai daerah di Sulawesi Selatan bahkan sampai ke Sulawesi Tenggara Sulbar dan Gorontalo.
Kelompok penangkaran tersebut dibina langsung oleh Penyuluh Kehutanan KPH Cenrana , Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan.


MUHAMMAD YUSUF SP.M.Si Selaku pendamping kelompok tersebut menyatakan bahwa pemilihan tanaman sukun sebagai kegiatan penangkaran karena tanaman sukun Bone merupakan produk unggulan dan merupakan ikon lokal Bone, Di mana sukun Bone telah di determinasi oleh Kementerian Pertanian RI sebagai bibit tanaman hortikultura unggulan serta di samping itu tanaman sukun juga merupakan tanaman yang memiliki fungsi ekologi, ekonomi, dan sosial.

Dari segi ekologi tanaman sukun dengan pertumbuhan yang rindang dapat berfungsi sebagai tanaman kehutanan/Penghijauan, yang dapat tumbuh dari berbagai kondisi geografis maupun iklim yang ekstrem di mana sukun dapat tumbuh dari pantai sampai ke pegunungan demikian pula sukun dapat bertahan pada musim kemarau sekalipun, di mana tanaman lain sudah tidak bisa berbuah atau berproduksi.

Dari segi sosial sukun dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, dan dari segi ekonomi sukun dapat memberikan nilai tambah bagi petani di mana sukun mempunyai harga yang relatif bagus di pasaran demikian pula produksi sukun setiap tahunnya cukup memadai


Hal inilah yang menandakan bahwa sukun mempunyai nilai yang sangat baik untuk menjadi penyangga ekologi, ekonomi, yang pada gilirannya dapat melestarikan hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *