Diduga Sepihak, Warga Dusun Lemo Desa Harapan Tolak Pemberhentian RT

  • Share

BN Online, Barru – Forum Masyarakat Dusun Lemo, mempertanyakan mekanisme pergantian Rukun Tetangga (RT) di Dusun Lemo Desa Harapan Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru dikantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Barru, Selasa (30/03/2021).
Dalam pertemuan tersebut Forum Masyarakat Dusun Lemo, menyampaikan dan memberikan Surat dengan perihal Pengaduan Pergantian RT ke Kepala Dinas BPMD tentang tindakan pemberhentian dan pergantian RT yang dimana dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya sosialisasi kepada masyarakat dusun lemo, oleh Kepala Desa Harapan.
Berikut isi surat Forum Masyarakat Lemo :
1. Bahwa pemberhentian dan pengankatan ketua RT tersebut secara tiba tiba dan tidak ada dasar baik secara aturan.
2. Pemberhentian dan pemilihan ketua RT di lakuakn tanpah melibatkan unsur masyarakat Toko masyarakat secara corum dalam musyawarah.
3. Tidak jelasnya mekasnime dan tata cara pemberhentian dan pengangatan sehingga kami selaku masyarakat menganggap kepalah desa harapan melakukan tindakan sewena wena terhadap masyarakat dusun lemo.
4. Menuntut terhadap pemerintah desa harapan melakukan tinjaun ulang atas pemberhetian RT Karna kami selaku masyarakat masih melihat kinerja yang baik terhadap RT yang di berhentikan.
5. Kami masyarakat dusun lemo akan menolak adanya pergatian secara diam diam dan menolak adanya RT Baru.
Dan dalam surat tersebut juga dilampirkan kurang lebih 100 tanda tangan warga yang menolak adanya pergantian RT Baru.
Aris ketua Forum Masyarakat Lemo Desa Harapan mengatakan, kami menolak adanya pemberhentian dan penggantian RT Dusun Lemo, karna kami anggap tidak sesuai dengan Regulasi yang ada, dikarenakan RT baru yang ditunjuk oleh Kepala Desa Harapan, jika kami bandingkan kualitas RT yang lama masih bagus.
“Jika kami tidak mendapatkan kejelasan, kami akan menyampaikan ke DPR untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP), “ungkap Haris saat ditemui di salah satu Kafe yang ada di kota Barru (30/3/2021)
Sementara itu Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD), Jamaluddin, S. Sos, MH, mengatakan,
“Aduan dan surat dari Forum Masyarakat Dusun Lemo Desa Harapan tentang Pergantian RT sudah saya terimah dan akan melakukan Klarifikasi ke Kepala Desa,”sebut Kadis.
Terpisah Kepala Desa Harapan Lukman Hasi. SE, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan,
“Pemberhentian RT Sudah sesuai dengan Mekanisme dan telah dilakukan musyawarah,”tuturnya.(M.Kadri)
 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *