Peringati Masuknya Islam di Kerajaan Tallo, Para Karaeng Sampaikan Hal Ini

  • Share

SUARA GMBI | MAKASSAR – Masuk dan berkembangnya Islam di kerajaan Tallo diperingati oleh sejumlah pemangku adat dan para raja-raja yang ada di Makassar Sulawesi Selatan, Senin (29/11/2022).

Muh.Jufri, SE Dg.Patompo Selaku Penasehat Gallarrang Sudiang yang juga diketahui merupakan salah seorang dari Tumbuk Appaka yang mendirikan Kerajaan Tallo menuturkan jika acara tersebut merupakan kegiatan adat yang senantiasa di laksanakan oleh pemangku adat dan para keturunan raja-raja Tallo.

“Ini adalah momentum untuk mengembalikan serta pemulihan budaya leluhur kita, Apalagi kerajaan Tallo merupakan salah Satu pintu masuknya ajaran Islam di tanah Sulawesi,” Ujarnya.

Jufri juga mengatakan begitu pentingnya menjaga sejarah peradaban Islam agar kerjaan Tallo kembali terbangun dan tentunya hidup kembali nuansa kerjaan Tallo pada masa itu.

“Inikan Kerjaan Tallo merupakan Kerjaan Islam kembar Gowa yang tak bisa di pisahkan. Saya berharap semoga kita penerus yang ada sekarang ini semakin kokoh dalam menjaga adat serta budaya kita dalam bermasyarakat sesuai ajaran Islam yang mengusulkan kita agar tetap bersatu.” Ucap Jufri yang juga diketahui adalah Ketua GMBI Distrik Maros.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan acara pengukuhan dan pelantikan para Gallarang Tujua,Tumbu Appaka, Para Jannang, Para Karaeng-karaeng, pengurus DPD, DPC Sekota Makassar, Laskar lembaga adat DPD, DPC Sekota Makassar dan penganugerahan tanda kehormatan kepada tokoh adat kerajaan Tallo

Turut juga dilantik Dr.Baharuddin,SH,.MH, Fetrus Edy, SH, Karaeng Tojeng dan Muh.ikbal,SH, Karaeng Mannojengang dan pembicara para Karaeng dari galesong Andi Mallarangeng Karaeng Gassing, Karaeng galesong, Beserta Dewan adat Bate salapanga.

Adapun para Karaeng Karaeng yaitu sebagai pendiri di kerajaan Tallo yaitu sebagai berikut:

Tumbu appaka

Gallarrang Bira

Gallarrang sudiang

Gallarrang biringkanaya

Gallarrang moncong loe

Krg loe RI Katingan

Krg loe RI barasa

Krg loe RI karampuang

Krg loe RI bululoe

Krg loe nipakoccika RI Pao pao

Gallarrang Tujua (para matoa di Kerajaan Tallo) Yaitu

Gallarrang Tallo

Gallarrang Pannampu

Gallarrang Ujung tanah

Gallarrang Rappo Jawa

Gallarrang Rappo kalling

Gallarrang Matoa Suangga

Gallarrang Kaluku bodoa

Beserta para karaeng tukajannangngan dan para anrong guru dan pelantikan DPD dan DPC lembaga adat passereanta firman sombali kerajaan Islam kembar Gowa Tallo sekota Makassar dan pelantikan laskar lembaga adat DPD dan DPC se kota Makassar.

Dewan Hukum dan HAM yang turut dilantik yaitu Dr. Baharuddin, SH,.MH, Muhammad Bin Kasan, SH Andi Acho Gheger Karaeng Sau, Fetris Edy, Muh Ikbal, SH, Karaeng Mannojengang.

Turut pula hadir Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kabib sejarah kebudayaan dan pariwisata provinsi Sulawesi Selatan dan beliau juga sangat mendukung pelantikan para gallarrang sebagai perangkat tallo guna untuk budaya kita di Makassar. (*/Merah)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *